Kenali Gangguan Pola Tidur Yang Menandakan Tubuh Tidak Sehat

Gangguan pola tidur terkadang mengganggu ketenangan Anda untuk beristirahat di malam hari. Tingkah aneh dan keluhan yang terjadi saat tidur tentunya tidak boleh dianggap sepele karena hal ini bisa menjadi salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Bisa saja hal tersebut merupakan sinyal yang menandakan bahwa tubuh Anda mengalami kondisi yang membutuhkan  penanganan.

Tingkah aneh yang terjadi pada waktu tidur harus diwaspadai. Jika kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat tentunya akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Nah, jika kondisi tersebut terjadi sebaliknya maka kemungkinan ada kelainan yang sedang terjadi dalam tubuh Anda. Lalu keluhan atau tingkah aneh apa saja yang perlu diwaspadai?

Berikut Beberapa Tingkah Aneh Yang Perlu Diwaspadai Pada Waktu Tidur

  1. Sering Merasakan Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Sakit kepala setelah bangun tidur sering dialami oleh banyak orang. Banyak faktor penyebab akan hal tersebut diantaranya yaitu tekanan yang tinggi di bagian kepala pada waktu tidur. Disamping itu, penyebab lainnya yaitu posisi tidur yang salah dan tidak nyaman. Terutama jika Anda menggunakan bantal dengan posisi terlalu tinggi.

  1. Sulit Tidur Pada Posisi Terlentang

Kesulitan untuk tidur dengan posisi terlentang bisa saja menjadi indikasi adanya gangguan pada pernapasan. Pemicunya bisa saja karena adanya sumbatan di bagian saluran pernapasan sehingga Anda kesulitan bernafas dan pada akhirnya sulit tidur. Hal ini jangan Anda sepelekan dan segera harus ditangani sebab beresiki menjadi lebih parah.

  1. Menendang Benda Di Tempat Tidur

Ada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan menendang pada waktu tidur. Posisi kakinya tidak bisa diam sehingga hal ini sangat mengganggu jika tidur bersamaan. Kondisi ini sering disebut dengan sindrom kaki gelisah dan kemunculannya hanya terjadi pada saat tidur saja.

  1. Sebelum Tidur Kedinginan dan Setelah Bangun Tidur Kegerahan

Perubahan suhu yang tidak lazim ini bisa menjadi salah satu indikasi gangguan pengaturan suhu tubuh  yang merupakan salah satu tanda adanya gangguan tiroid. Hal ini berkaitan erat dengan gangguan sirkulasi darah yang akan menyebabkan kaki terasa dingin saat bangun tidur. Selain itu, suhu tubuh kadang cenderung lebih panas atau kegerahan.

  1. Mendengkur

Mendengkur mungkin salah satu kebiasaan yang banyak dialami pada waktu tidur. hampir setiap orang memiliki kebiasaan tersebut. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar namun kondisi tersebut harus diwaspadai. Mendengkur bisa menjadi salah satu gejala adanya gangguan kardiovaskuler yang berkaitan dengan jantung dan sistem peredaran darah. Bahkan kebiasaan mendengkur juga menjadi salah satu ciri gangguan pada pernapasan.

Itulah kebiasaan yang perlu diwaspadai ketika tidur. Gejala dan gangguan tersebut bisa saja mengindikasikan adanya gangguan yang terjadi dengan kondisi kesehatan Anda.

Related Posts

Share This