Kenali Gangguan Pada Mata Anak Sejak Dini

Gangguan pada mata bisa terjadi pada siapa saja di segala usia. Orang dewasa maupun anak-anak bisa mengalami gangguan kesehatan pada indera penglihatan. Kesehatan mata menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga. Menjaga kesehatan mata bukanlah hal yang susah, Anda hanya perlu memperhatikan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak mata seperti menatap layar komputer dalam jangka waktu lama, bermain gadget ataupun menonton tv dalam jarak yang terlalu dekat.

Ajarkan cara menjaga kesehatan mata pada anak sejak dini supaya kesehatan penglihatan si kecil tidak mengalami gangguan. Fenomena saat ini memang sering kita lihat banyak anak usia dini yang sudah mengenakan kacamata. Kondisi ini memang sungguh sangat miris karena anak yang masih belia harus sudah mengalami gangguan penglihatan. Faktor penyebabnya memang sangat beragam seperti akibat kebiasaan buruk anak dalam bermain gadget, nonton tv ataupun bisa juga berasal dari faktor keturunan.

Untuk mengatasi kondisi yang lebih buruk sebaiknya Anda mengetahui tanda-tanda bahawa si kecil mengalami gangguan kesehatan mata dan membutuhkan kacamata. Apa saja tanda gangguan pada mata anak? Berikut ini penjelasannya!

Jarak Terlalu Dekat

Mungkin seringkali kita melihat anak menonton tv atau membaca dengan jarak yang terlalu dekat dan si anak selalu marah jika di suruh menjauh dengan alasan kurang jelas. Nah, hal ini ada kemungkinan bahwa si anak mengalami myopia atau rabun jauh. Tanyakan pada anak apakah ada masalah dengan penglihatannya. Jika memang benar maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan segera tangani dengan baik supaya kondisinya tidak berkembang menjadi lebih parah lagi.

Memincingkan Mata

Ketika si kecil sedang memabaca atau bermain gadget mungkin akan terlihat memincingkan mata. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka sebaiknya waspadai karena bisa jadi si kecil mengalami masalah pada penglihatannya. Kebiasaan memincingkan mata menjadi salah satu indikasi adanya gangguan pada penglihatan anak sehingga membutuhkan penanganan sejak dini supaya kondisinya tidak semakin parah.

Kesulitan Melihat Secara Detail

Ketajaman penglihatan yang menurun akan membuat si kecil tidak bisa melakukan pekerjaan yang detail secara baik. Contohnya saja ketika menggambar atau mewarnai gambar, mungkin dia tidak bisa melakukan aktivitas tersebut berlama-lama dan merasa tidak tahan sebab penglihatannya mengalami gangguan.

Menutup Mata Sebelah

Gangguan penglihatan pada anak juga bisa terlihat ketika memiliki kebiasaan menutup mata sebelah saat sedang menonton tv, bermain gadget atau membaca. Gangguan kesehatan mata bisa terjadi pada anak di segala usia dan hal ini sebaiknya diwaspadai sedini mungkin.

Kebiasaan Sering Mengusap Mata

Anak sering mengucek atau mengusap mata adalah salah satu indikasi adanya kelainan atau gangguan pada kesehatan penglihatan anak. Mata anak yang mengalami gangguan akan senantiasa merasa lelah saat sedang menontin tv, membaca atau bermain gadget. Jangan membiarkan kondisi ini sebelum akhirnya berkembang semakin parah. Segera tangani dengan baik dan periksakan kondisinya ke dokter.

Demikian beberapa gangguan kesehatan mata pada anak yang sebaiknya diketahui oleh para orangtua supaya kondisinya tidak berkembang menjadi lebih parah. Penanganan sejak dini bisa membantu mengatasi masalah tersebut sehingga si kecil bisa kembali memiliki ketajaman penglihatan yang sehat.

Mulailah sejak dini untuk menjaga kesehatan mata anak dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan hindari kebiasaan bermain gadget atau menonton tv dalam jarak yang terlalu dekat. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Related Posts

Share This