Kenali Faktor Risiko Gejala Kanker Pankreas

Kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang sangat berharga dan penting untuk dijaga dengan baik. Dengan tubuh yang sehat maka segala aktivitas sehari-hari bisa dijalankan dengan sangat baik. Jika saja kesehatan tubuh kita terganggu maka kondisi ini akan membuat aktivitas sehari-hari terganggu dan tidak lagi menjadi produktiv.

Menjaga kesehatan tubuh bukanlakh perkara yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadari akan pentingnya hidup sehat sehingga banyak yang mengabaikannya. Menyadarkan diri sendiri akan pentingnya kesehatan harus dilakukan oleh setiap orang jika ingin hidup sehat untuk waktu lama.

Salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya dan perlu diwaspadai oleh setiap orang adalah kanker. Jenis penyakit ini termasuk silent killer yang bisa membunuh kapan saja. Banyak sekali jenis kanker dan semuanya mematikan jika penanganannya lambat. Salah satunya yaitu kanker pankreas yang merupakan penyakit kanker pembunuh paling sadis seperti kanker lainnya.

Kebanyakan gejala kanker pankreas tidak disadari sejak awal dan gejalanya baru terdeteksi setelah benar-benar parah. Hal inilah yang menjadikan penderita kanker pankreas tidak bisa bertahan lama. Pengetahuan akan gejala kanker ini sangat penting. Namun akan lebih baik lagi jika bisa mengetahui cara mencegah kanker ini sehingga tidak perlu melakukan penanganan.

Peningkatan kesadaran akan risiko dari gejala kanker pankreas memang sangat penting. Setiap orang hendaknya mengetahui tanda dan gejala kanker yang satu ini sehingga jika tanda-tanda tersebut muncul maka bisa melakukan penanganan dengan sangat baik.

Gejala Kanker Pankreas

Gejala kanker pankreas pada stadium awal mungkin tidak begitu dirasakan dengan jelas. Hanya tanda-tanda samar saja sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Bahkan gejalanya sama dengan penyakit lain. Namun ada beberapa gejala yang bisa dikenali untuk membedakan bahwa gejala tersebut gejala awal kanker pankreas. Apa saja gejalanya? Berikut ini beberapa gejala kanker pankreas!

  • Berat badan turun
  • Nyeri konsisten pada kbagian punggung dan perut
  • Selera makan menurun dan bahkan hilang selera untuk makan
  • Mual dan muntah
  • Muncul penyakit kuning dan kulit gatal-gatal
  • Peradangan pankreas
  • Tinja berwarna terang dan berminyak

Itu beberapa gejala yang muncul akibat adanya penyakit pankreas. Selintas mungkin mirip dengan gejala penyakit biasa sehingga banyak orang yang mengabaikannya dan hanya menganggap biasa saja. Padahal jika dibiarkan maka sangat berisiko berkembang menjadi gejela yang lebih parah dan membahayakan.

Faktor Risiko Penyakit Kanker Pankreas

Adapun untuk penyebab kanker pankreas belum begitu diketahui dengan pasti. Namun menurut hasil riset bidang kesehatan menujukan bahwa kanker pankreas bisa dipicu oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Sindrom Genetik

Mutasi gen yang berkaitan dengan kanker lainnya juga bisa meningkatkan risiko penyakit kanker pankreas. Diantaranya yaitu sindrom Peutz-Jeghers, mutasi BRCA1 dan BRCA2, melanoma familial, sindrom Lynch, pankreatitis herediter, dan telangiectasia ataksia.

  1. Riwayat Keluarga

Jika dalam silsilah keturunan keluarga memiliki riwayat penyakit kanker ini maka kemungkinan untuk Anda mengalaminya sangat besar. Risiko terkena kanker ini meningkat sehingga Anda perlu mewaspadainya untuk melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat.

  1. Pankreatitis

Bagi yang menderita pankreatitis kronis maka sangat berisiko menderita kanker pankreas. Hal ini perlu diwaspadai dan harus dilakukan penanganan dengan sangat baik.

  1. Diabetes

Bagi mereka yang menderita penyakit gula darah atau diabetes sebaiknya waspada karena berisiko terhadap kanker pankreas.

  1. Kebiasaan Merokok

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan ini. Salah satunya yang perlu diwaspadai yaitu penyakit kanker pankreas.

  1. Pola Makan

Makan makanan daging olahan daging merah bisa meningkatkan risiko penyakit kanker pankreas. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Demikian gejala kanker pankreas dan faktor risiko yang perlu diwaspadai. Jaga kesehatan untuk hidup yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517