Kenali Faktor Penyebab Ibu Menyusui Sakit Kepala

Dalam menjalani proses menyusui, banyak hal yang harus Anda perhatikan terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Kondisi fisik yang terganggu dikhawatirkan bisa mengakibatkan kualitas dankuantitas ASI berkurang. Disamping itu, kondisi ibu menyusui yang terganggu bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Hal ini karena bayi berinteraksi dengan Anda melalui proses menyusui sehingga tertular.

Apabila gangguan kesehatan yang Anda alami masih bersifat ringan maka sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan sebab hal ini akan berpengaruh terhadap ASI. Yang lebih berbahayanya adalah obat-obatan tersebut akan terserap oleh si kecil melalui air susu.

Gangguan ringan yang kerap kali dirasakan oleh ibu menyusui lyaitu sakit kepala. Meskipun terlihat sepele akan tetapi gangguan kesehatan ini bisa mengganggu aktivitas menyusui. Sakit kepala akan membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas terutama menyusui. Pada dasarnya sakit kepala ini diakibatkan oleh hormone estrogen yang meningkat.

Disamping perubahan hormone, ada penyebab lain yang mengakibatkan sakit kepala yaitu diantaranya sebagai berikut:

Posisi Menyusui

Menyusui tidak bisa dilakukan asal-asalan. Posisi menyusui sangat menentukan kenyamanan Anda dan janin. Jika Anda melakukan posisi yang salah seperti posisi berbaring yang tidak tepat maka akan menyebabkan saraf dibagian leher serta kepala menjadi tidak nyaman. Nah, kondisi seperti inilah yang memicu sakit kepala dan migrain.

Kekurangan Asupan Cairan

Menyusui tentunya akan menguras banyak cairan. Disamping itu proses pengeluaran urin dan keringat akan membuat cairan tubuh Anda semakin berkurang. Jangan mengabaikan hal ini karena bisa memicu sakit kepala pada waktu menyusui. Penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air mineral dan konsumsi buah-buahan serta sayuran.

Kurang Istirahat

Dengan adanya bayi biasanya waktu istirahat Anda sering terabaikan. Bukan tidak mungkin hal ini menjadi penyebab sakit kepala. Maka dari itu, usahakan untuk beristirahat secara teratur setiap harinya. Cara yang paling mudah untuk beristirahat adalah dengan mengikuti pola tidur bayi. Maksudnya yaitu ketika bayi tidur maka Anda juga bisa ikut tidur. Dengan begitu Anda akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Stres

Kondisi pikiran yang stres dan tertekan menjadi pemicu sakit kepala yang tak tertahankan pada waktu mneyusui. Buanglah jauh-jauh kekhawatiran Anda seputar merawat bayi. Dengan bagitu maka Anda akan terhindar dari tekanan yang bisa berujung stres. Nikmatilah setiap proses merawat dan membesarkan bayi. Bagaimanapun stres akan menyebabkan sirkulasi darah terhambat terutama pada bagian kepala sehingga menyebabkan sakit kepala.

Apabila Anda mengalami keluhan sakit kepala yang tak kunjung sembuh, maka sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan kimia. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih aman. Proses menyusui dan merawat bayi adalah salah satu tugas orangtua yang harus dijalani dengan penuh kesabaran dan hati yang ikhlas. Jika semuanya disertai dengan hati yang sadar maka proses ini akan terasa lebih menyenangkan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517