Kenali Faktor Penyebab Bayi Susah BAB

Sembelit bisa dialami oleh siapa saja termasuk bayi. Gangguan pencernaan tersebut kerap kali membuat bayi merasa tidak nyaman dan asupan makanan jadi terganggu. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi tumbuh kembang si kecil. Untuk memudahkan mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menceri tahu terlebih dahulu faktor penyebab bayi susah bab.

Kondisi kbayi sembelit biasanya terjadi ketika mendapatkan MPASI. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya berfungsi dengan baik dalam mencerna makanan. Sembelit tentunya akan membuat si kecil merasa kesakitan sehingga hal ini mengganggu kenyamanan bayi. dampak lebih buruk bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Pada keadaan normal, bayi seharusnya buang air besar setiap hari minimal satu kali sehari. Bayi yang mengalami sembelit terkadang mengeluarkan bercak darah pada waktu BAB. Hal ini karena tekstur feses yang keras melukai kulit dibagian anus. Supaya si kecil terhindar dari sembelit, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor penyebabnya.

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Bayi Sembelit

  • Kurang Asupan Cairan

Salah satu penyebab feses bayi menjadi keras yaitu kurangnya asupan cairan. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan untuk bayi dengan tetap memberikan ASI. Perlu Anda ketahui bahwa ASI menyediakan banyak nutrisi dan kandungan air yang cukup untuk pencernaan bayi. Dalam upaya mencegah resiko sembelit pada bayi, berikan makanan pendamping ASI dengan tekstur lebih encer. Disamping itu, pemberian ASI tidak boleh dihentikan.

  • Susu Formula

Bayi yang diberikan asupan susu formula lebih cenderung mengalami masalah pencernaan termasuk sembelit. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena lemak dan protein pada susu formula tidak seimbang. Bahkan kalsium dan posfor pada susu formula menyebabkan proses penyerapan cairan terganggu sehingga feses bayi menjadi keras. Oleh karena itu pakar kesehatan lebih menyarankan supaya bayi mendapatkan ASI lebih lama dan jangan terlalu sering diberikan susu formula.

  • Penyakit Terntentu Pada Bayi

Sembelit juga bisa dipicu oleh gangguan kesehatan tertentu yang terjadi pada bayi. Salah satunya yaitu adanya luka pada bagian anus. Akibat luka tersebut akan membuat bayi kesulitan mengejan sehingga menunda buang air besar. Lama kelamaan hal tersebut akan memicu feses menjadi keras dan susah untuk dikeluarkan. Disamping itu, faktor lain pemicu sembelit ialah gerakan usus yang bermasalah akibat alergi dari makanan tertentu.

Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka bisa membantu Anda untuk melakukan tindakan pencegahan. Yang terpenting dalam hal ini adalah perhatikan setiap jenis makanan pendamping ASI yang Anda berikan. Sesuaikan dengan usia si kecil dan jangan lupa memberikan asupan cairan yang mencukupi. Selain itu, pemberian ASI jangan diganti oleh susu formula karena bagaimanapun ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi hingga berusia 2 tahun.

Related Posts

Share This