Kenali Ciri Jajanan Anak yang Tidak Sehat

Jajanan anak adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai si kecil jajan sembarangan di tempat yang tidak higienis karena hal ini bisa membahayakan kesehatan tubuhnya. Terlebih lagi jika si kecil dalam masa pertumbuhan maka asupan makanan sehat harus menjadi fokus penting untuk semua orangtua.

Memilih jenis makanan yang berkualitas dan bergizi untuk anak adalah salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembangnya. Jika anak kekurangan asupan makanan yang bergizi maka hal ini bisa menjadi salah satu penghambat untuk perkembangan fisik dan psikisnya. Kegagalan pertumbuhan adalah salah satu hal yang harus diwaspadai.

Dampak buruk akibat kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa memicu berbagai penyakit akibat kuman dan bakteri. Hal ini bisa terjadi pada setiap anak jika Anda tidak memperhatikan kebersihan dari setiap makanan yang diberikan pada anak. Faktor kebersihan dan juga kandungan gizi dari setiap makanan yang diberikan pada anak memang sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai si kecil tidak mendapatkan apa yang seharusnya dia dapatkan dalam masa perkembangannya.

Berikan pemahaman pada anak tentang pentingnya makanan sehat dan ajarkan pada anak supaya tidak jajan sembarangan. Tindakan ini sebagai salah satu upaya untuk mengajarkan hidup sehat sejak dini pada anak mulai dari hal-hal sederhana yaitu jajanan sehat untuk anak. Hal ini mungkin terbilang gampang-gampang susah, yang terpenting Anda memulainya secara perlahan dan hal tersebut akan menjadi kebiasaan bagi anak.

Berikut Ini Ciri Jajanan Anak yang Tidak Sehat

Rasanya Sangat Tajam

Salah satu ciri jajanan anak tidak sehat adalah memiliki citarasa yang sangat tajam dari makanan lainnya. Salah satu contohnya yaitu makanan tersebut terasa sangat gurih atau bahkan pahit. Makanan yang terlalu gurih merupakan indikasi penggunaan penyedap rasa yang terlalu berlebihan. Rasanya mungkin menjurus ke pahit atu gurih banget. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Jangankan untuk anak, untuk orang dewasa saja kurang baik. Hindari jajanan dengan kategori rasa tersebut.

Warna Mencolok

Anak-anak biasanya lebih tertarik dengan warna makanan yang sangat mencolok. Kondisi ini sering dimanfaatkan oleh para pedagang guna menarik minat anak dalam membeli jajanan. Namun warna mencolok pada makanan sebaiknya diwaspadai karena bisa jadi menggunakan pewarna buatan atau bahkan bahan kimia berbahaya.

Zat pewarna makanan tidak bahaya untuk kesehatan. Namun jika pewarna yang digunakan mengandung unsur kimia maka hal ini bisa sangat membahayakan kesehatan anak. Bahkan jika mengendap dan terakumulasi dalam tubuh bisa memicu sel kanker dalam rentang waktu yang akan datang.

Dibunkus Kertas Koran

Mungkin sudah menjadi pemandangan yang tidak asing lagi jika saat ini banyak sekali penjual makanan yang menggunakan pembungkus koran atau kertas bekas. Selintas mungkin hal ini terlihat baik-baik saja, namun jika ditelusuri lebih jauh lagi bahwa membungkus makanan dengan kertas bekas sangat rentan kuman dan bakteri. Sebaiknya hal ini dihindari karena si kecil rentan terinfeksi bakteri berbahaya.

Berbau Tidak Sedap

Makanan dengan bau yang mencolok seperti bau jtengik, terlalu asam atau bahkan bau busuk maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa jajanan tersebut sudah kadaluarsa dan sebaiknya dihindari. Jangan sampai si kecil sembarangan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya sudah tidak layak konsumsi.

Demikian beberapa kategori makanan yang sebaiknya dihindari oleh si kecil. Ajarkan untuk jajan sehat dan sebaiknya berikan bekal setiap halri untuk si kecil. Dengan begitu maka si kecil akan senantiasa mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bersih. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517