Kenali Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berbahaya. Bahkan pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak yang berakibat pada kematian. Darah tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, kebiasaan sehari-hari, pola hidup dan genetik.

Banyak yang berpendapat bahwa ketika mengalami darah tinggi sebaiknya bisa mengontrol emosi dengan baik. Jika tidak bisa mengontrol emosi maka biasanya rentan terhadap gangguan kesehatan yang lebih parah. Secara umum, orang yang menderita hipertensi sebaiknya menghindari setiap aktivitas yang bisa menyebabkan stres atau depresi.

Tanda tanda darah tinggi kadang sulit untuk dikenali secara kasat mata. Kondisi tersebut tentunya sangat beresiko terhadap kondisi yang lebih parah. Bahkan pada beberapa kasus, banyak yang tidak menyadari kalau dirinya terkena hipertensi sehingga pada akhirnya terdeteksi ketika kondisinys semakin memburuk.

Tekanan darah tinggi bisa terjadi secara bertahap. Pada tekanan 120/80 dan 139/89 maka angka tersebut masih menunjukan pra hipertensi. Namun ketika meningkat menjadi 140/90 maka sudah dikategorikan sedang mengalami tekanan darah tinggi. Tetapi tidak berarti menderita darah tinggi.

Darah tinggi bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lain seperti diabetes, penyakit ginjal dan pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan serangan jantung mendadak. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai ciri ciri darah tinggi, simak penjelasan berikut ini!

Ciri-ciri Darah Tinggi

  1. Ventrikel sebelah kiri membesar

Ciri ciri darah tinggi yang pertama yaitu ventrikel kiri membesar. Namun ciri tersebut tidak bisa dilihat secara kasat mata sebab berlangsung di dalam tubuh sehingga harus dilihat melalui pemeriksaan medis. Ventrikel kiri berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika terjadi tekanan darah tinggi maka akan memicu jantung untuk bekerja lebih keras lagi sehingga akan terjadi hambatan dan penyempitan pembuluh darah. Ventrikel kiri akan membesar dan bahkan menjadi kaku.

  1. Resistensi insulin

Orang yang menderita hipertensi secara umum akan mengalami resistensi insulin. Nah, resistensi tersebut akan menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes maka sangat rentan akan mengalami tekanan darah tinggi. Ciri-ciri tersebut tentunya harus melalui pemeriksaan dari dokter ahli.

  1. Kinerja arteri menurun

Fungsi arteri akan menurun ketika menderita darah tinggi. Dalam hal ini struktur pembuluh darah akan berubah. Tentunya ciri-ciri tersebut tida bisa dilihat secara langsung dan harus melalui pemeriksaan menggunakan perangkat medis.

Itulah ciri-ciri darah tinggi secara umum yang bisa Anda kenali melalui pemeriksaan medis. Tekanan dara tinggi merupakan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh banyak hal seperti pola hidup tidak sehat, stres, mengkonsumsi makanan tidak sehat, minum minuman beralkohol dan kelainan hormonal. Maka dari itu mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak dini untuk mencegah penyakit tersebut.

Related Posts

Share This