Kenali Ciri Ciri Mata Sehat Berdasarkan Kedipannya

Mata merupakan salah satu bagian dari panca indera yang memiliki fungsi sangat penting untuk melihat. Memiliki mata yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Jika kesehatan mata terganggu maka focus untuk melihat juga akan terganggu dan tentunya akan berpengaruh terhadap semua aktivitas.

Biasanya kebanyakan orang mengidentikan mata yang sehat adalah mata yang terlihat jernih. Namun, sebenarnya penglihatan yang sehat itu lebih cenderung terlihat dari luarnya. Lalu sebenarnya cara apa yang bisa dijadikan patokan untuk mendeteksi kesehatan mata?

Tahukah Anda ternyata mata yang sehat bisa dideteksi dari kedipannya? Yang dimaksud disini adalah kebiasaan dalam berkedip menjadi salah satu tanda bahwa indera penglihatan tersebut bisa dikatakan sehat atau tidaknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa berkedip merupakan proses alamiah mata untuk meratakan cairan pelembab di seluruh permukaan mata. Tentu saja hal ini tujuannya untuk menjaga kelembapan mata sehingga tidak menjadi kering.

Jarang berkedip atau proses berkedip yang tidak normal akan menyebabkan mata menjadi kering sehingga lelah dan lama kelamaan akan menyebabkan iritasi atau gangguan pada penglihatan. Nah, dengan alasan tersebut maka berkedip adalah salah satu proses alamiah yang menunjang kesehatan mata.

Berikut Ciri Mata Sehat Berdasarkan Kedipannya

Kedipan Per Menit

Menurut salah satu pakar kesehatan menyatakan bahwa manusia dengan mata yang sehat memiliki kedipan yang sangat bervariasi yaitu antara 10 – 15 kali dalam setiap menitnya. Untuk orang yang berumur lebih muda memiliki intensitas kedipan yang lebih sedikit setiap menitnya yaitu kira-kira 10 kali.

Anda penasaran? Cobalah hitung kedipan mata Anda setiap menitnya. Namun tentunya jangan di buat-buat, harus benar-benar kedipan yang normal dan alami ya.

Sekejap Mata

Perlu kita ketahui bahwasanya mata yang sehat hanya memerlukan 400 milidetik saja untuk melakukan satu kedipan. Nah, kedipan tersebut sama halnya dengan kecepatan kepakan sayap dari kupu-kupu. Kiasan tersebut sebagai penggammbaran bahwa sekejap mata sama halnya dengan cepatnya waktu berlalu.

Berkedip Secara Sempurna

Mata yang sehat tentunya mata yang memiliki kedipan sempurna. Yang dimaksud dengan kedipan sempurna yaitu kelopak mata benar-benar akan menutup bagian mata. Akan tetapi karena saking cepatnya saat kita berkedip maka kadang tidak akan disadari dengan kedipan yang benar atau tidak. Namun Anda bisa memastikan dan mengingat apakah kedipan sempurna atau tidak.

Aktivitas Semakin Banyak, Berkedip Makin Sering

Ternyata mata yang sehat akan semakin sering berkedip yang tergantung dari apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan. Sebagai contohnya pada saat menatap layar computer atau gadget ,ala kedipan mata akan lebih banyak jika dibandingkan dengan kedipan sewaktu kita membaca buku.

Berkedip memang proses alamiah dan semua orang membutuhkannya. Selain untuk membuat mata lembab, berkedip juga akan melindungi mata dari bahaya dari luar seperti mencegah masuknya debu atau benda asing lainnya yang bisa membahayakan mata.

Memang tidak bisa dibayangkan rasanya jika kita tidak berkedip. Hal ini memang suatu anugerah dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Tanpa disadari berkedip seringkali dianggap sebagai salah satu hal yang sepele namun manfaatnya luar biasa sehingga harus disyukuri sebagai nikmat yang tiada tara.

Mata yang sehat dan indah menjadi harapan setiap orang. Untuk mendapatkan hal tersebut maka harus senantiasa menjaganya dengan baik dengan pola hidup sehat dan juga ditunjang dengan konsumsi makanan yang sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517