Kenali 7 Gejala Leukimia (Kanker Sel Darah Putih)

Gejala leukimia. Leukimia yaitu salah satu jenis kanker yang mana terjadi pada sel-sel pembentukan darah yang sampai saat ini penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti, bahkan memiliki gejala leukimia yang khas sejak kali pertama terjadi.

Nah, guna mendapatkan diagnose yang jauh lebih cepat, maka Anda harus benar-benar memahami gejala leukimia ini sebelum terjadinya penyebaran dan berakibat fatal.

Sebagian besar, leukimia ini mempengaruhi sejumlah sel darah putih seseorang, akan tetapi ada juga beberapa jenis leukimia lainnya yang memang dimulai dalam sel darah selain sel darah putih. Gejala lukimia ini sebenarnya hampir sama dengan gejala yang muncul pada seseorang yang memiliki penyakit kanker tulang, namun tidak sepenuhnya sama.

Dan di bawah ini ada beberapa gejala leukimia yang penting untuk Anda ketahui juga pahami, yaitu sebagai berikut:

1. Kelelahan

Ketika Anda mudah merasa lelah, padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang berat, maka Anda harus mewaspadai hal tersebut, karena bisa jadi keadaan ini merupakan gejala dari leukimia. Adanya peningkatan produksi sel darah putih ternyata mampu menyebabkan energi Anda mudah habis.

2. Penurunan berat badan

Gejala leukimia juga bisa di tunjukkan oleh berat badan Anda yang tiba-tiba menurun secara drastis, walaupun Anda tidak mengubah pola makan harian Anda dan Anda tidak dalam program diet. Dan hal ini mungkin saja terjadi karena adanya pembakaran energi yang meningkat yang mana bisa membuat seseorang yang mengalaminya akan kehilangan berat badan secara drastis, apalagi jika pola makannya tidak meningkat.

3. Sering mengalami pendarahan

Orang yang memiliki penyakit leukimia pada umumnya akan mudah sekali mengalami pendarahan walaupun hanya mengalami luka kecil. Bahkan, ketika mereka mengalami luka memar saja, mereka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya, dan hal ini merupakan salah satu gejala leukimia yang patut di waspadai.
Bahkan, tanda lainnya yaitu munculnya bintik-bintik merah atau bahkan berwarna ungu yang berukuran kecil di bagian bawah kulit Anda yang memang di sebut dengan petechiae. Mungkin saja pendarahan internal juga akan terjadi, seperti pendarahan pada tinja, lendir, urine, muntahan, bahkan pada air mani.

4. Pembengkakan Internal

Gejala leukimia yang lainnya juga bisa ditandai dengan adanya pembengkakan kelenjar getah bening di bagian bawah lengan, bahkan akan terjadi juga di bagian depan dan belakang leher. Selain itu, hati dan limpa juga akan mengalami hal serupa, yakni membengkak dan menimbulkan rasa nyeri di bagian bawah tulang rusuk.

5. Berkeringat di malam hari

Tanda lainnya yaitu, Anda yang selalu berkeringat di malam hari. Sehingga, jika Anda sering mengeluarkan keringat secara berlebihan atau bahkan tidak normal di malam hari, maka Anda harus mewaspadai hal tersebut.

6. Berkurangnya kontrol otot

Banyak diantaranya para penderita leukimia yang mengalami kesulitan dalam mengontrol otot dan menyeimbangkan tubuhnya.

7. Pernapasan abnormal

Penderita leukimia juga kerap kali mengalami sesak napas serta batuk dalam kurun waktu yang cukup lama, bahkan tidak kunjung sembuh.

Related Posts

Share This