Kenali 5 Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling

Banyak orang yang menyukai kolang kaling karena rasanya yang menyegarkan untuk dijadikan tambahan kedalam minuman. Biasanya kolang kaling popular ketika bulan ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa. Kolang kaling memiliki tekstur kenyal dan berwarna putih bening. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dan khasiat kolang kaling.

Kolang kaling identik dengan kandungan air yang tinggi yaitu sekita 93%. Kandungan nutrisi lainnya pada kolang kaling yaitu protein sekitar 0,69%, potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B dan karbohidrat sebesar 4 gram.

Buah dengan tekstur kenyal dan menyegarkan ini tidak hanya enak untuk dikonsumsi, akan tetapi memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu menjaga kesehatan tubuh jika dikonsumsi  secara bijak dengan porsi yang tepat. Lantas apa saja manfaat kolang kaling?

Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling

  1. Untuk Program Diet

Menurut sebuah riset menunjukan bahwa kolang kaling mengandung protein sekitar 0,69 gram, karbohidrat 4,0 gram dan tinggi kandungan air yaitu sekitar 94%. Nah, kandungan kadar air yang cukup tinggi sangat berguna dalam melancarkan program diet yang sedang Anda jalani.

  1. Obat Radang Sendi

Kandungan zat galaktomanan yang terdaopat pada kolang kaling berperan penting dalam meredakan dan membantu penyakit yang berkaitan dengan peradangan pada sendi. Bagi Anda yang sedang menjalani proses pengobatan, mulailah untuk mengkonsumsi kolang kaling secara teratur untuk membantu prosepenyembuhan.

  1. Memperkuat Tulang

Seperti buah pada umumnya, kolang kaling juga tinggi kandungan kalsium yang berguna untuk menegah penyakit osteoporosis. dalam setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg. Bahkan Anda lbisa menjadikan kolang kaling sebagai alternatif pengganti susu.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kolang kaling mengandung serat kasar sekitar 39% yang berguna untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi kolang kaling secara teratur bisa menghindarkan Anda dari resiko gangguan pencernaan seperti sembelit.

  1. Obat Gatal

Anda tidak perlu meragukan lagi khasiat dan manfaat kolang kaling karena sudah terbukti memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Bahkan kolang kaling bisa ,dijadikans ebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal.

Dalam pemilihan buah aren utamakan memilih buah yang memiliki warna kulit masih hijau segar. Kemudian lakukan proses perebusan atau pembakaran sebelum akhirnya daging buah tersebut dikupas. Tujuan dari proses perebusan adalah untuk menghilangkan lendir yang bisa menyebabkan gatal-gatal. Setelah daging buah terlepas dari kulitnya maka cuci terlebih dahulu atau rendam beberapa saat.

Kolang kaling bisa diolah sebagai campuran es buah ataupun dijadikan kolak. Hal ini tergantung dari selera Anda. Biasanya kolang kaling yang sudah jadi banyak dijual dipasaran sehingga Ana tinggal mengolahnya menjadi minuman segar tanpa harus melalui proses perebusan dan lain sebagainya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517