Kenali 5 Jenis Makanan yang Ampuh Untuk Mencegah Uban

Secara umum, uban identik tumbuh pada orang yang berusia lanjut. Akan tetapi tidak sedikit orang yang masih berusia muda sudah tumbuh uban. Bahkan ada remaja yang mengalami kondisi tersebut. tentunya hal ini dipicu oleh berbagai faktor yang bersifat internal dan erksternal. Salah satunya yaitu faktor makanan, stres ataupun genetik. Lalu adakah cara untuk mencegah uban di usia muda?

Tumbuhnya uban bagi orang yang lanjut usia mungkin bukan suatu masalah. Namun jika uban tumbuh pada orang yang masih muda tentunya akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Nah, maka dari itu sebaiknya hal ini dicegah sejak dini dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Coklat

Coklat adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh hampir semua kalangan. Dibalik rasanya yang lezat dan manis, ternyata coklat memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Salah satunya yaitu kandungan tembaga yang berguna untuk memproduksi melamin atau sumber warna pada rambut. Kekurangan asupan tembaga akan menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda.

2. Sayuran Hijau

Jenis makanan pencegah uban yang selanjutnya yaitu sayuran hijau. Pada dasarnya sayuran hija mengandung banyak nutrisi berupa vitamin, mineral dan antioksidan cukup tinggi. Salah satu yang berperan untuk kesehatan rambut yaitu vitamin B. Manfaatnya oyaitu untuk menghasilkan sel darah merah yang berguna untuk membawa oksigen dan nutrisi. Nah, vitamin B juga berperan dalam menghasilkan pigmen warna pada rambut. Asupan vitamin B yang tercukupi akanm encegah tumbuhnya uban di usia muda.

3. Blueberry

Kandungan vitamin C pada blueberry sangat tinggi. Manfaatnya bisa sebagai antioksidan dalam mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, vitamin C berperan dalam membantu proses produksi kolagen di dalam tubuh. kolagen merupakan zat warna alami pada rambut sehingga mencegah ubanan.

4. Almond

Kacang almond memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan jenis kacang yang satu ini bisa mencegah rambut beruban. Hal ini karena kandungan vitamin E dan tembaga pada kacang almond bisa menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah. Selain itu, vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.

5. Salmon

Ikan salmon memang terkenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan salmon bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda karena mengandung selenium untuk menghasilkan hormone pewarna rambut.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda. Selain itu, perhatikan juga pola hidup sehari-hari dengan menghindari aktivitas yang bisa memicu kerusakan pada rambut. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan lakukan olahraga rutin.

Related Posts

Share This