Keluhan Yang Dialami Bayi Saat Pertama Kali Tumbuh Gigi

Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka kini Anda akan melihat senyuman bayi yang dihiasi oleh gigi yang mulai tumbuh. Pada usia enam bulan titik putih sebagai pertanda bahwa bayi Anda mulai tumbuh gigi kini sudah terlihat. Pada dasarnya, bayi dilahirkan sudah memiliki serangkaian gigi utama yang berjumlah 12 buah. Akan tetapi gigi tersebut belum nampak karena masih terkubur didalam gusi. Gigi tersebut akan mulai tumbuh ketika bayi sudah memasuki usia enam bulan.

Gigi yang pertama kali tumbuh menembus gusi bagian bawah dan atas biasanya muncul secara berpasangan. Gigi bagian bawah biasanya akan tumbuh lebih dulu bila dibandingkan dengan gigi pada gusi bagian atas. Tumbuhnya beberapa gigi terkadang membuat bayi merasa kesakitan sehingga hal ini membuat bayi merasa tidak nyaman dan menjadi rewel.

Keluhan Bayi Saat Tumbuh Gigi

Berikut Ini Keluhan Yang Dialami Bayi Pada Waktu Tumbuh Gigi

  1. Air liur yang menetes disertai ruam

Anda tidak perlu kaget ketika air liur bayi terus menetes pada waktu pertama kali tumbuh gigi. Hal ini merupakan kondisi umum ,yang dialami oleh bayi ketika tumbuh gigi. Akan tetapi Anda harus mewaspadai dampak air liur yang berlebih ketika mengenai kulit bayi yang sensitif akan mengakibatkan ruam. Biasanya disekitar dagu atau mulut bayi akan muncul ruam sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa meletakkan kapas ataupun handuk kecil dibawah dagu bayi supaya air liur terserap dan tidak menyebabkan kulit lembab. Untuk membersihkan air liur tersebut sebaioknya Anda jangan menggosoknya karena bisa menyebabkan iritasi. Usap dengan lembut air liur bayi sampai kering.

  1. Bayi terkena diare akibat air liur yang berlebih

Pada waktu pertama kali tumbuh gigi dan produksi air liur meningkat maka keluhan yang muncul pada bayi yaitu diare. Selain menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit wajah, air liur yang berlebih juga memberikan dampak negatif bagi pencernaan bayi. Kelebihan air liur biasanya menyebabkan bayi mengalami diare dan mencret.  Selain itu, ruam popok juga akan muncul ketika bayi tumbuh gigi. Akan tetapi kelauhan ini akan perlahan menghilang seiring dengan tumbuhnya satu per satu gigi. Untuk mengatasi diare pada bayi saat tumbuh gigi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

  1. Batuk

Produksi air liur yang berlebih ketika tumbuh gigi bisa menyebabkan bayi muntah dan batuk. Hal ini karena air liur tidak hanya menetes keluar, akan tetapi mengalir ke dalam menuju tenggorokan sehingga menyebabkan bayi mengalami beberapa keluhan tersebut.

  1. Bayi terkena demam

Rasa sakit akibat gigi yang menembus gusi biasanya menyebabkan bayi terkena demam yang cukup tinggi. Anda tidak perlu panik karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengompres bayi dengan air hangat dan segera lakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Bayi sering terjaga pada malam hari

Pertumbuhan gigi terus belangsung sepanjang hari dan bahkan pada malam hari. Hal ini tentunya membuat bayi lebih sering menjadi penjaga malam. Mungkin Anda akan dibuat kerepotan untuk menidurkan bayi karena menjadi lebih rewel.

  1. Nafsu makan bayi menurun

Keluhan yang satu ini terkadang membuat para orangtua merasa khawatir. Bayi mereka tiba-tiba tidak mau makan ketika pertama kali tumbuh gigi. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda menyajikan makanan dengan tekstur yang lebih lembut seperti bubur ataupun jus buah yang dingin. Dengan begitu rasa sakit akibat tumbuh gigi yang dialami oleh bayi akan perlahan hilang sehingga nafsu makan bayi akan tetap terjaga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517