Keluhan Saat Hamil: Mengatasi Jari Bengkak

Menjaga kesehatan fisik dan psikis selama hamil merupakan hal yang wajib karena bagaimanapun kesehatan ibu hamil akan mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungan. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan biasakan untuk berolahraga. Dengan menerapkan pola hidup sehat maka kemungkinan Anda akan terhindar dari resiko keluhan saat hamil.

Dalam menjalani kehamilan, terkadang keluhan tidak bisa dihindari. Namun setidaknya dengan menerapkan pola hidup sehat akan meminimalisir keluhan tersebut. Salah satu keluhan yang terjadi pada waktu hamil yaitu adanya pembengkakan pada jari. Faktor penyebabnya tidak lain yaitu adanya peningkatan cairan tubuh yang menumpuk di bagian tersebut.

Pembengkakan yang terjadi pada kaki tentunya disebabkan akibat terlalu lama berdiri sehingga cairan hanya tertumpu dibagian tersebut. Sedangkan pembengkakan pada tangan, terutama di bagian jari bisa diakibatkan oleh pengaruh cincin yang terlalu ketat.

Adanya pembengkakan pada tangan disebabkan oleh sirkulasi darah yang terhambat. Selain itu, keluhan ini juga bisa dipicu oleh faktor lingkungan yang berupa kondisi udara terlalu panas. Meskipun tergolong normal, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui cara untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan dalam menjalani masa kehamilan.

Berikut Ini Tips Untuk Mneyikapi Keluhan Pada Waktu Hamil

Keluhan yang muncul pada waktu hamil terbilang hal yang wajar. Namun meskipun demikian bukan berarti Anda tidak melakukan usaha untuk mengatasi hal tersebut. Keluhan bisa mengganggu kenyamanan dalam emnjalani kehamilan jika terus menerus dibiarkan. Adapun cara mudah untuk mengatasinya yaitu sebagi berikut:

  1. Perbanyaklah konsumsi air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mengeluarkan penumpukan cairan yang menyebabkan terjadinya pembengkakan.
  2. Terapkan pola makan sehat dalam upaya untuk mengatasi pembengkakan pada jari Anda. Buah apel dan bawang putih dinilai efektif untuk meminimalisir pembengkakan.
  3. Perhatikan posisi tidur untuk menghindari tekanan darah pada vena besar.
  4. Perbanyaklah waktu istirahat dan sempatkan untuk beristirahat pada siang hari.
  5. Mintalah bantuan suami untuk memijat lembut kaki dan tangan Anda sehingga akan melancarkan sirkulasi darah yang membuat Anda merasa lebih nyaman.
  6. Jika mengharuskan untuk kerja, gunakan kursi yang pas sehingga posisi Anda lebih nyaman ketika duduk.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan dalam upaya mengatasi pembengkakan pada kaki dan jari tangan selama hamil. Jika memungkinkan lakukanlah gerakan/senam tangan untuk meminimalisir penumpukan cairan. Disamping itu, biasakan untuk olahraga ringan seperti jalan kaki santai pada pagi dan sore hari. Hal ini sangat berguna dalam membantu mengatasi seputar keluhan pada waktu hamil. Yang terpenting perbanyak konsumsi makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517