Kelompok Makanan Anak Untuk Menu Harian

Makanan anak yang bergizi lengkap dan seimbang memang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembangnya. Setiap jenis makanan yang Anda berikan akan memberikan dampak terhadap kesempurnaan tumbuh kembang anak. Bukan porsi banyak dari makanan yang Anda berikan, melainkan kandungan gizi seimbang yang menjadi fokus penting untuk tumbuh kembang anak.

Setiap elemen nutrisi yang masuk kedalam tubuh si kecil memiliki peran masing-masing dalam mendukung kesempurnaan tumbuh kembangnya. Jika salah satu komponen nutrisi kurang maka hal ini bisa saja mempengaruhi proses tumbuh kembangnya. Bahkan beresiko terhadap kesehatan si kecil yang mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan nutrisi untuk anak berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Hal ini karena pada proses pertumbuhan, tubuh harus mendapatkan asupan zat gisi yang lebih banyak.

Mengingat sistem pencernaan si kecil yang belum optimal dan belum bisa menampung makanan dalam jumlah banyak maka dalam hal ini Anda harus menyesuaikan porsi makan untuk si kecil. Berikan porsi secukupnya dan jangan memaksa anak untuk makan banyak karena justru tidak baik untuk kesehatannya.

Pengaturan pola makan dan porsi makan menjadi salah satu fokus penting bagi anak daam tahap pertumbuhan. Berikan makan dalam porsi kecil disesuaikan dengan pencernaannya, namun dengan intensitas sering. Perhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang Anda berikan. Komponen gizi paling penting daripada banyaknya makanan yang diberikan.

Berikut Ini Kelompok Makanan Untuk Harian Si Kecil

  1. Nasi atau Alternatif Pengganti

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi dan menunjang pertumbuhan. Disamping nasi, Anda bisa memberikan makanan pengganti seperti sereal, roti dan kentang. Yang terpenting kebutuhan karbohidrat harian si kecil terpenuhi dengan baik.

  1. Lemak dan Gula

Tubuh si kecil membutuhkan asupan lemak sebagai sumber lemak esensial yang berguna dalam melarutkan beberapa jenis vitamin. Adapun gula dibutuhkan untuk sumber energi sebagaimana halnya karbohidrat.

Jenis makanan yang bisa Anda berikan yaitu buah alpukat, kacang-kacangan, keju dan produk olahan susu lainnya. selain itu, Anda juga bisa memberikan buah-buahan seperti buah melon, apel maupun pisang.

  1. Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang meliputi vitamin serta mineral. Selain itu, buah dan sayur juga kaya akan serat yang berguna untuk memperlancar saluran pencernaan anak. Buah-buahan bisa Anda lberikan secara utuh atauoun dalam bentuk jus dan salad buah.

  1. Daging atau Alternatifnya

Daging harus Anda berikan dalam menu harian si kecil untuk mencukupi kebutuhan protein, mineral dan vitamin. Kebutuhan protein pada masa pertumbuhan sangat beesar untuk membantu pertumbuhan sel-sel dan oorgan tubuh.

  1. Susu dan Produk Olahan

Seperti yang kita ketahui bahwa susu merupakan salah satu sumber kalsium. Maka dari itu lberikan asupan susu dan produk olahan susu untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Related Posts

Share This