Kelebihan dan Efek Samping KB Implan

Penggunaan alat kontrasepsi menjadi pilihan utama dalam menunda kehamilan. Pada zaman modern seperti saat ini, banyak jenis alat kontrasepsi yang bisa dipilih. Alat kontrasepsi yang banyak digunakan di kalangan masyarakat diantaranya yaitu pil KB, spiral dan KB implant. Nah, dalam kesempatan ini penulis akan sedikit mengulas tentang manfaat dan efek KB implant.

KB implant atau yang biasa dengan KB susuk merupakan salah satu metode untuk menunda kehamilan yang banyak digunakan oleh masyarakat di negri ini. Alasan penggunaan KB implant karena dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan pil KB atau spiral KB. Selain itu, KB implant dikenal sebagai alat kontrasepsi yang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti dibandingkan KB suntik dan pil KB.

Walaupun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kelebihan dan efek samping KB implant. Hal ini supaya Anda tidak salah pilih dan tidak terkena dampak buruknya setelah menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

Implant KB merupakan suatu metode alat kontrasepsi dengan cara menyusupkan implant yang mengandung hormone progesterone ke dalam lengan bagian atas. Penggunaan KB implant dinilai sangat efektif dalam mencegah terjadinya pembuahan/kehamilan. Dalam satu kali pemasangan implant KB maka bisa mencegah terjadinya kehamilan selama kurang lebih 5 tahun.

Kelebihan Implan KB

KB implant dinilai memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi yang lainnya. Apa saja kelebihannya?

  • Tidak mempengaruhi tingkat kesuburan. Setelah dilepaskan maka Anda bisa dengan mudah untuk kembali hamil.
  • Tidak menyebabkan rasa sakit karena bentuknya elastis.
  • Kelebihan lainnya yaitu tidak menyebabkan efek samping hormonal karena tidak mengandung hormone estrogen.
  • Ketika berhubungan badan tidak menimbulkan masalah apapun.
  • Tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI sehingga aman digunakan oleh ibu menyusui.
  • Bisa dilepaskan kapan aja.

Efek Samping Implan KB

Dibalik kelebihannya, Kb implant ternyata memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Berikut efek samping implant KB:

  • Terlihat menonjol di kulit sehingga kadang mengganggu penampilan Anda.
  • Menyebabkan rasa mual, muntah, sakit kepala dan perubahan mood beberapa saat setelah pemasangan.
  • Menimbulkan bekas luka sayatan akibat pemasangan dan pelepasan alat kontrasepsi tersebut.
  • Menyebabkan komplikasi seperti riwayat kolesterol tinggi, penggumpalan darah, kanker payudara, penyakit jantung, penyakit kandung empedu dan siklus haid tidak teratur.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai kelebihan dan efek samping penggunaan kontrasepsi implant. Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi tersebut. Pertimbangkan kelebihan dan efek sampingnya sehingga tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Related Posts

Share This