Keju Sebagai Cemilan Sehat Yang Bermanfaat Bagi Anak

Bagi sebagian orang mungkin keju adalah jenis makanan yang sudah tidak asing lagi. Rasanya yang enak dan gurih membuat keju banyak digemari oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Dibalik rasanya yang gurih ternyata keju menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. produk olahan susu yang satu ini sangat kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Manfaat Keju Bagi Perkembangan Anak

Sekilas Tentang Kandungan Nutrisi Pada Keju

Keju adalah salah satu makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu. Tidak heran kalau makanan yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam keju?

  • Keju mengandung asam amino yang sangat lengkap. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk membantu proses metabolisme sel-sel tubuh, menjaga kesehatan tulang dan sebagai zat pembangun jaringan otot.
  • Kandungan riboflavin pada keju berperan penting untuk menjaga kesehatan membrane mukosa dan menunjang proses metabolisme karbohidrat.
  • Vitamin A yang terkandung pada keju bermanfaat untuk menjaga kesehatan indera penglihatan, menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya infeksi.
  • Keju memiliki kandungan asam folat dan vitamin B12 yang berguna untuk menjaga sel syaraf, pembentukan sel darah merah dan membantu sintesa DNA.
  • Kalsium pada keju bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga fungsi syaraf, menjaga kesehatan gigi dan otot.
  • Posfor yang terkandung pada keju berguna untuk menjaga keseimbangan asam basa, pembentukan gigi dan tulang serta membantu pembentukan ATP untuk menghasilkan energi.

Manfaat Keju Bagi Perkembangan Anak

  1. Menjaga kesehatan tulang anak

Keju adalah produk olahan dari susu sehingga mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Kalsium sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk menunjang pertumbuhannya. Oleh karena itu, berikan cemilan sehat ini secara rutin pada anak. keju bisa diberikan secara langsung ataupun ditambahkan pada makanan lain supaya anak lebih berselera untuk mengkonsumsinya.

  1. Sumber energi tambahan bagi anak

Kandungan nutrisi yang sangat melimpah pada keju berguna sebagai energi tambahan bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Lebih baik berikan keju yang ditambahkan pada roti gandum pada waktu sarapan pagi bagi anak. Keju akan memberikan energi yang lebih baik dan tidak akan membuat anak mengantuk bila dibandingakan dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi.

  1. Sebagai antioksidan

Perlu Anda ketahui bahwa didalam keju terdapat nutrisi seperti selenium, magnesium dan seng yang bisa berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Hal ini tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan anak pada amsa pertumbuhannya. Selain itu, keju juga mampu menurunkan kolesterol dan mencegah sel kanker. Keju mengandung senyawa atau zat yang disebut dengan CLA (Conjugated Linoleic Acid). Senyawa ini merupakan bentuk modifikasi dari asam lemak omega-3 dan asam linoleat. Nah, maka dari itu penting sekali untuk memberikan keju pada anak sebagai nutrisi tambahan dalam menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan anak.

  1. Mengandung lemak baik untuk pertumbuhan anak

Keju mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Selain itu, kandungan lemak baik pada keju berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan mencegah pertumbuhan sel kanker pada anak.

Demikian sebagian kecil dari manfaat keju bagi anak. Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Sajikan keju secara rutin pada menu sarapan pagi atau tambahkan pada makanan lain yang bisa dikonsumsi sebagai cemilan sehat bagi anak.

Related Posts

Share This