Kehamilan: Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Saat ini usia kehamilan Anda mulai memasuki usia 4 bulan. Di usia 4 bulan ini, tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan semakin hari semakin mendekati proses pembentukan sejumlah organ tubuh yang sempurna, atau bahkan di usia 4 bulan ini pembentukan organ tubuh janin yang ada di dalam kandungan sudah ada yang sempurna terbentuka. Namun ingat, walaupun demikian Anda tetap harus berhati-hati di usia kehamilan 4 bulan ini, karena usia 4 bulan masih ada di kategori kritis yang memang sangat membutuhkan perlindungan yang baik sehingga bisa mengurangi terjadinya gangguan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, di masa kehamilan 4 bulan ini organ pengelihatan janin yang ada di dalam kandungan seperti bagian kornea, iris, lensa serta retina sudah mulai berfungsi. Dan kemampuan janin dalam organ penglihatan yakni ketika janin mengedipkan matanya serta ia mulai peka terhadap cahaya yang ia lihat. Setelah organ penglihatan, maka bagian organ pendengaran yang berfungsi, bahkan di usia 4 bulan ini telingan janin mulai menempati posisinya yang tepat. Selain itu,alat kelamin si janin juga mulai ikut berkembang secara nyata bahkan mulai terlihat.

Bayi yang di dalam kandungan yang masih berusia 4 bulan sudah mulai bisa mendengarkan denyut jantung Anda, suara Anda bahkan suara perut Anda. Jika di lihat secara fisik, janin yang berusia 4 bulan sudah mulau terlihat dan nampak jelas. Dan ketika usia 4 bulan kehamilan, maka Anda dianjurkan untuk menggunakan baju hamil yang semestinya.

Nah, untuk mendukung tumbuh kembang janin 4 bulan yang ada di dalam kandungan, maka Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi selama masa kehamilan. Dan berikut ini ada beberapa jenis asupan makanan yang dianjurkan di konsumsi di usia 4 bulan kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Perkaya dengan kandungan serat

Ketika usia kehamilan baru memasuki usia 4 bulan, maka Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak serat. Hal ini dikarenakan di usia kehamilan yang memasuki 4 bulan, akan banyak sekali perubahan fisik yang kerap kali menimbulkan keluhan. Guna mengurangi keluhan semasa kehamilan yang memang masih berhubungan dengan organ pencernaan, maka Anda bisa mengkonsumsi serat guna mengurangi resiko terjadinya sembelit. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kaya akan serat seperti kacang-kacangan, jeruk, atau bahkan brokoli.

  1. Kalsium

Jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium memang sangat di butuhkan, terutama ketika Anda tengah menjalani masa kehamilan. Bahkan kalsium ini sudah mulai di butuhkan sejak awal kehamilan. Peranan kalsium ini sangatlah penting dalam membantu tumbuh kembang tulang rawan pada janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Protein

Anda sangat membutuhkan protein selama perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Karena protein ini akan selalu di butuhkan, sehingga ketika Anda makan maka Anda harus memastikan kalau Anda telah melengkapinya dengan protein nabati atau bahkan protein hewani.

  1. Rendah lemak

Ingat, berat badan Anda akan mulai meningkat di usia kehamilan 4 bulan, sehingga asupan lemak pada ibu hamil harus benar-benar di kontrol dengan baik. Untuk menu harian, maka Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan yang rendah dengan lemak.

  1. Zat Besi

Seorang ibu hamil sangat mudah terserang anemia, sehingga Anda harus benar-benar menjaga asupan zat besi di dalam tubuh Anda. Asupan zat besi ini sangatlah penting guna membentuk darah serta membantu nutrisi yang cukup selama janin ada di dalam kandungan.

Itulah beberapa jenis asupan makanan yang harus Anda cukupi ketika usia kehamilan Anda memasuki usia 4 bulan. Dimana beberapa bagian organ sudah mulai terbentuk dengan sempurna.

Related Posts

Share This