Kehamilan 12 Minggu, Inilah Perkembangannya!

Kehamilan 12 minggu atau lebih tepatnya 3 bulan maka Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan asupan nutrisi. Pada usia kehamilan ini bentuk janin sudah semakin jelas dan memiliki organ tubuh.

Pada usia kehamilan 12 minggu, Anda sudah bisa merasakan pergerakan janin didalam perut, meskipun masih samar-samar dengan pergerakan yang tiak teratur. Biasanya ibu hamil yang memiliki kulit tipis akan lebih mudah untuk merasakan pergerakan tersebut. Dalam hal ini yang terpenting bagi Anda adalah menjaga kondisi kesehatan tubuh sehingga perkembangan janin tidak akan mengalami gangguan. Perlu Anda ketahui bahwa kesehatan ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan janin di dalam rahim.

Ibu hamil harus senantiasa memantau dan mengetahui perkembangan janin didalam rahim. Hal ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan dokter. Memantau perkembangan janin adalah salah satu hal penting guna menghindarkan dari kelainan dan gangguan yang mungkin menhambat pertumbuhannya.

Berikut Ini Perkembangan Janin Usia 12 Minggu Kehamilan

  1. Pada usia 12 minggu kehamilan, janin telah memiliki wajah yang dilengkapi dengan mata, mulut, hidung serta organ-organ yang lainnya.
  2. Jari-jari kecil janin mulai dilengkapi dengan kuku kecil.
  3. Pada usia ini janin belum memiliki organ intim yang jelas sehingga belum secara pasti diketahui jenis kelamin.
  4. Jumlah bakal gigi yang dimiliki sebanyak 32.
  5. Otot dan tulang pada janin sudah mulai terbentuk.
  6. Kini janin sudah mulai bisa bergerak karena syaraf dan otak mulai berfungsi. Gerakannya akan mulai bisa dirasakan meskipun masih sangat lembut.
  7. Usia 12 minggu perkembangan janin mencapai 3,5 inci.

Adapun perubahan yang terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan 12 minggu adalah berat badan yang mengalami peningkatan. Kondisi tersebut terbilang normal karena janin didalam kandungan berkembang.

Pada tahapan ini pengaruh hormone akan perlahan membaik sehingga secara perlahan mood ibu hamil akan membaik. Namun disamping itu, akibat aliran darah yang meningkat  ke janin maka akan menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil terutama dibagian pencernaan.

Dari segi asupan makanan, pada usia 12 minggu ibu hamil harus lebih selektif dan memperhatikan asupan nutrisi. Makanan yang Anda konsumsi harus senantiasa mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Tips Pemenuhan Gizi Pada Usia Kehamilan 12 Minggu
  • Sajikan makanan yang mengandung gizi tinggi yang meliputi 4 sehat 5 sempurna.
  • Makanlah secara teratur yaitu minimal 3 hari sekali. Jangan memaksakan makan dengan porsi banyak. Lakukan trik pola makan sedikit namun sering.
  • Sajikan makanan dengan menu yang bervariasi untuk menghindari kebosanan dengan menu yang sama.
  • Harus lebih selektif dalam memilih bahan makanan dan jangan sembarangan. Hindari membeli bahan makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan pemanis kbuatan karena bisa membahayakan kesehatan Anda dan janin.
  • Lebih baik konsumsi nasi merah supaya kadar gula bisa lebih terkontrol dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis.

Hal-hal yang sebaiknya dijauhi oleh ibu hamil pada usia kehamilan 12 minggu adalah jangan melakukan hubungan intim karena kondisi janin masih sangat rentan mengalami keguguran. Terlebih lagi jika sebelumnya Anda memiliki riwayat keguguran maka hindari untuk sementara berhubungan intim.

Nah, demikian perkembangan dan hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan terkait usia kehamilan 12 minggu. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This