Kegiatan Sehari-hari Yang Menjadi Penyebab Depresi

Penyebab depresi sangat beragam, baik itu dari faktor internal maupun eksternal. Seseorang bisa menjadi depresi dengan ditandai mudah marah, sering merasa sedih, gampang tersinggung, putus asa dan tidak memiliki harapan untuk sebuah tujuan. Depresi ringan ataupun berat sama-sama tidak baik untuk kesehatan psikologis seseorang. Kondisi seperti ini sebaiknya segera ditangani dengan cara yang tepat sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan.

Depresi merupakan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan psikologis atau mental, namun kondisi ini juga bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Depresi tidak bisa dianggap sepele dan sebaiknya diselesaikan dengan solusi yang tepat guna menghindari dampak buruk yang akan terjadi.

Secara tidak kita sadari banyak sekali kegiatan sehari-hari yang memicu depresi. Bahkan tanpa disadari hal ini sering kita lakukan. Apa saja kegiatan tersebut? Berikut ini beberapa hal yang memicu terjadinya depresi!

Kebiasaan Konsumsi Makanan Olahan

Orang-orang yang memiliki kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan olahan sangat rentan terhadap depresi. Salah satu contoh jenis makanan olahan yang bisa memicu depresi dan sering dikonsumsi yaitu sosis, mie instan, keripik dan lain sebagainya. Jenis makanan yang kurang sehat tersebut akan mengakibatkan terjadinya perubahan zat kimia pada otak sehingga memicu depresi.

Menggunakan Media Sosial Terlalu Berlebihan

Pada zaman modern seperti saat ini kecanggihan teknologi sudah semakin pesat. Untuk berkomunikasi kini semakin mudah dilakukan. Kemunculan sosial media sudah menjadi hal yang umum untuk berkomunikasi. Namun penggunaan sosial media yang tidak bijak bisa menyebabkan banyak hal yang mengganggu kesehatan psikologis dan sosialisasi. Orang-orang yang terlalu berlebihan dalam menggunakan sosial media sangat rentan terhadap depresi.

Mengisolasi Diri

Menutup diri dan membiasakan sendirian terlalu sering bisa menyebabkan depresi. Terlalu mengisolasi diri dan sering kesepian akan memunculkan pikiran negatif sehingga pada akhirnya menyebabkan depresi dan gangguan kesehatan psikologis lainnya.

Dikelilingi Pikiran Negatif

Berada di sekitar orang-orang yang selalu berpikiran negatif bisa menyebakan Anda tertular pikiran negatif tersebut. Jangan menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang berpikiran negatif karena akan membuat Anda tidak semangat menjalani kehidupan dan lebih rentan terhadap depresi.

Kurang Berolahraga

Olahraga bisa menyehatkan tubuh dan mental. Kurang berolahraga sangat rentan terhadap gangguan kesehatan mental yang menyebabkan depresi. Oleh karena itu maka sebaiknya Anda membiasakan untuk berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga bisa meningkatkan kadar hormone serotonin yang akan memelihara suasana hati selalu bahagia.

Kebiasaan Merokok

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Merokok bisa memicu berbagai penyakit berbahaya terutama yang berkaitan dengan kesehatan pernafasan atau paru-paru. Selain itu kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan depresi karena racun rokok bisa mengganggu keseimbangan hormone dan juga fungsi otak.

Demikian beberapa hal yang menjadi penyebab depresi. Sebaiknya terapkan pola hidup sehat, selalu berpikiran positif dan rutin berolahraga untuk kesehatan tubuh serta mental. Dengan pola hidup sehat maka Anda akan terhindar dari stress dan depresi yang sangat membahayakan kesehatan mental.

Untuk menjadi sehat bukanlah perkara yang sulit, yang terpenting Anda memiliki kesadaran untuk melakukan semua itu. Mulailah dari sekarang untuk hidup Anda yang lebih baik dan sehat. JAngan tunggu besok atau lusa jika ingin sehat. Jangan menyepelekan kesehatan fisik dan mental. Saat ini mungkin Anda baik-baik saja namun seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan dampak dari hal tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517