Kecakapan Gerak Batita Usia 18 – 24 Bulan

Saat ini anak Anda mulai memahami dirinya dan semua hal yang dilakukannya. Hal ini karena perkembangan kognitif anak semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada usia 18 bulan, kemampuan gerak, berpikir dan berbicara mulai berjalan lancar. Anak akan bergerak lebih aktif, berpikir dengan baik dan berbicara dengan kata-kata yang mulai terdengar jelas. Kecakapan utama yang paling menonjol pada tahapan ini adalah kemampuan dalam bergerak dan berinteraksi yang lebih baik.

Gerak Batita

Kecakapan tersebut membuat anak batita menjadi orang yang sangat menyenangkan untuk diajak bermain dan bersosialisasi. Kemampuan gerak yang berubah secara perlahan dari berjalan kemudian berlari merupakan kemampuan yang sangat penting pada tahapan ini. Pada tahap ini anak memiliki kemampuan untuk berjalan dan berlari dengan sangat baik dan lebih aman karena keseimbangannya sudah meningkat bila dibandingkan dengan tahap sebelumnya.

Beberapa Gerakan Lincah Batita Pada Tahapan Ini

  • Berlari

Anak batita berusia 18 bulan kini sudah memiliki keberanian dan keseimbangan yang lebih baik dalam bergerak. Hal ini akan Anda jumpai ketika si kecil lebih berani untuk berlari kesana kemari. Pelari pertama ini tidak hanya memiliki kecepatan, akan tetapi dia sudah memiliki kemampuan untuk berlari dengan lebih baik dan aman bila dibandingkan dengan tahap sebelumnya. Ketika memasuki usia 18 bulan batita cenderung lebih aktif dalam bergerak sehingga membutuhkan pengawasan yang ekstra.

  • Memanjat

Usianya yang semakin bertambah dan hampir memasuki tahun kedua, pergerakan batita semakin lincah. Aktivitasnya bertambah dan lebih aktif seperti bergerak naik turun tangga dan mencoba untuk memanjat kursi ataupun boks tempat tidurnya. Pergerakannya yang lincah memberikan sinyal pada Anda bahwa dia tidak lagi bisa ditinggal sendiri untuk bermain.

  • Berlari sambil meloncat

Mendekati usia dua tahun, pergerakan batita semakin percaya diri dan lebih aktif. Anak batita sudah bisa melompat dan berlari tanpa rasa takut. Keseimbangan tubuhnya sudah semakin baik sehingga mereka sudah tidak khawatir lagi terjatuh dan berjalan tanpa pegangan. Untuk mengembangkan gerak lincah batita, sebaiknya Anda menyalurkan bakat mereka dengan memberikan alunan musik untuk menari.

Baca juga : Kenali Perkembangan Bahasa Pada Batita Usia 15 – 18 Bulan

  • Bermain bola

Bola adalah salah satu permainan favorit batita pada tahapan ini. Ajaklah anak untuk melakukan permainan ini sehingga Anda bisa mengetahui seberapa jauh perkembangan kognitif anak. Bermain bola juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan gerak dan keseimbangan batita. Permainan sederhana ini bisa Anda lakukan di dalam rumah atau di halaman rumah dan pastikan tempat tersebut aman untuk batita apabila jatuh.

  • Gerakan senam untuk pertama kali

Pada tahapan ini anak batita memiliki pemahaman mengenai beberapa gerakan yang dialkukannya. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut Anda bisa mengajak batita untuk senam berdua. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu hal yang menyenangkan bagi batita. Selain itu, senam bisa menjadi salah satu media untuk mengajarkan berbagai macam gerakan pada anak.

Nah, itulah beberapa poin mengenai kecakapan gerak pada batita usia 18 – 24 bulan. Pergerakan batita yang sangat aktif membutuhkan pengawasan ekstra dari Anda sebagai orangtua. Hal ini untuk menghindari kemungkinan batita terjatuh pada waktu bermain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517