Kebutuhan Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Makanan bergizi merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Salah satu jenis nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil yaitu zat besi. Peran penting zat besi untuk ibu hamil yaitu membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah penyakit anemia pada waktu hamil. Dengan begitu suplai oksigen dan nutrisi untuk janin tidak akan terganggu.

Kebutuhan zat besi pada ibu hamil akan meningkat dua kali lipat karena adanya janin di dalam kandungan yang membutuhkan nutrisi tersebut. Untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi tersebut, ibu hamil harus mengkonsumsi beragam sumber makanan dengan kandungan zat besi. Lalu seberapa penting peran zat besi terhadap kehamilan?

Memasuki trimester kedua, kebutuhan zat besi ibu hamil akan meningkat dua kali lipat. Mengapa demikian? Hal ini karena tubuh harus memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang lebih banyak untuk menunjang dan mengoptimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Produksi darah akan meningkat sekitar 50% untuk proses transportasi nutrisi menuju janin.

Zat besi berperan penting dan dibutuhkan dalam proses pembentukan hemoglobin. Jika asupan zat besi rendah, maka ibu hamil beresiko terkena penyakit anemia. Kondisi seperrti ini akan menghambat asupan nutrisi untuk janin sehingga kemungkinan akan terjadi gangguan dalam proses pertumbuhan. Pada kondisi yang lebih buruk, terjadi kelahiran secara prematur atau janin mati di dalam kandungan.

Selain berperan dalam mengatasi anemia pada waktu hamil, zat besi memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam beberapa kegiatan fiziologis tubuh. Apa saja proses tersebut? Berikut ini uraiannya!

  • Produksi kolagen

Zat besi juga memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan jenis protein yang terdapat di dalam jarinan ikat dan tulang. Nah, kolagen ini berperan penting dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada ibu hamil.

  • Produksi myoglobin

Myoglobin merupakan jenis protein yang membantu suplai oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan otot. Jika produksi myoglobin seimbang maka ibu hamil akan terhindar dari berbagai keluhan seputar sakit pinggang atau punggung selama hamil.

  • Produksi enzim

Enzim-enzim dalam metabolisme tubuh di produksi dengan bantuan zat besi. Jika asupan zat besi kurang maka akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan bahkan menghambat perkembangan janin.

Nah, setelah kita mengetahui manfaat zat besi untuk ibu hamil, maka segeralah untuk mencukupi kebutuhan mineral tersebut supaya perkembangan janin di dalam kandungan tidak terhambat. Kebutuhan zat besi pada wanita biasa yaitu sekitar 18 % dan akan meningkat pada waktu hamil sekitar 50% menjadi 27%.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama hami, konsumsilah makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak dan makanan sehat lainnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517