Kebutuhan Nutrisi Bagi Wanita Pasca Keguguran

Kehilangan buah hati yang sudah sekian lama dinantikan adalah sebuah pengalaman pahit. Keguguran merupakan salah satu pengalaman paling menyakitkan dan meninggalkan trauma yang mendalam bagi seorang wanita. Keguguran terkadang membuat sebagian wanita mengalami gangguan psikis dan lama kelamaan berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Keguguran bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kondisi pikiran yang stres, melakukan aktivitas yang terlalu berat, pengaruh makanan dan obat-obatan. Oleh karena itu bagi ibu hamil banyak anjuran dan larangan ketika menjalani kehamilan supaya kondisi kesehatan dan perkembangan janin tidak terganggu.

Kebutuhan nutrisi pasca keguguran

Selain berpengaruh terhadap psikis, keguguran biasanya akan menyebabkan gangguan fisik. Hal ini karena pasca keguguran akan kehilangan cukup banyak darah. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan cara yang tepat. Salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh atau mempercepat proses pemulihan pasca keguguran.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Pasca Keguguran

  • Sumber makanan yang mengandung kalsium. Ketika terjadi keguguran maka kalsium dari dalam tubuh akan ikut terbawa. Hal ini tentunya akan membuat kalsium di dalam tubuh seorang wanita berkurang. Untuk memulihkan kondisi tubuh pasca keguguran, dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak kalsium. Sumber makanan yang mengandung kalsium diantaranya yaitu susu, produk olahan susu, sayuran hijau, kacang kedelai, ikan salmon dan ikan sarden.Disarankan bagi wanita yang baru saja mengalami keguguran untuk mengkonsusmi makanan tersebut secara rutin dan teratur untuk mengganti kalsium di dalam tubuh yang hilang pada waktu keguguran.
  • Sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi. Keguguran akan menyebabkan seorang wanita kehilangan banyak darah sehingga akan mengakibatkan lemas dan letih. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging merah, bayam, hati dan buah-buahan. Makanan yang mengandung zat besi akan memulihkan kondisi tubuh pasca keguguran sehingga darah akan kembali stabil.
  • Sumber makanan yang bermanfaat untuk memperbaiki perasaan (mood). Wanita yang mengalami keguguran biasanya akan merasa stres, tegang dan cemas. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikis. Untuk mengatasi hal tersebut sangat disarankan mengkonsumsui sumber makanan yang bisa membuat pikiran tenang seperti makanan yang mengandung magnesium dan kandungan mineral yang tinggi. Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu coklat dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang mengandung banyak protein. Keguguran menyebabkan dinding rahim terluka sehingga diperlukan nutrisi yang bisa memulihkan kondisi tersebut. Salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Kandungan protein yang tinggi akan membantu proses penyembuhan luka pada rahim. protein bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan dan telur.
  • Makanan yang bermanfaat untuk menambah energi. Keguguran akan membuat seorang wanita kelelahan karena kehilangan banyak energi. Untuk mengembalikan kondisi tubuh yang kelelahan maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menambah energi. Salah satu makanan yang disarankan yaitu coklat hitam. Makanan tersebut memiliki kandungan serotonin yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan pasca keguguran. Selain itu, sumber makanan yang bisa mengembalikan energi yaitu telur. Makanan yang satu ini mengandung banyak protein dan lemak yang berguna untuk menambah dan mengembalikan energi di dalam tubuh.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Pendarahan yang terjadi pada waktu keguguran akan menyebabkan seorang wanita kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu, untuk mengembalikan kondisi tubuh yang normal maka mengkonsumsi air putih bisa menjadi salah satu solusi. Penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 8-12 gelas setiap harinya.

Related Posts

Share This