Kebutuhan Gizi Untuk Ibu Hamil Dari Trimester Pertama Sampai Ketiga

Masa kehamilan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu trimester pertama usia kehamilan 1 – 3 bulan. trimester kedua usia 4 – 6 bulan dan trimester ketiga usia 7 bulan sampai tiba waktunya persalinan. Pertumbuhan janin dalam tiap trimester tentunya berbeda-beda sehingga kebutuhan gizi untuk ibu hamil di setiap trimesternya pun berbeda dan bertahap.

Kebutuhan gizi untuk kesehatan ibu hamil harus terpenuhi dengan baik supaya perkembangan janin di dalam kandungan tidak terganggu. Sebab jika kesehatan ibu hamil terganggu maka akan berdampak negatif terhadap perkembangan dan kesehatan janin di dalam rahim. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada waktu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi yang di sesuaikan dengan tahap kehamilan.

Berikut Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Dari Trimester Pertama Sampai Ketiga

Sebagian ibu hamil mungkin tidak mengetahui jenis nutrisi yang di butuhkan untuk menunjang kehamilan di setiap trimester. Pada dasarnya kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil harus disesuaikan dengan usia kehamilan. Hal ini karena perkembangan janin dari tahap satu ke tahap selanjutnya berbeda sehingga membutuhkan nutrisi yang berbeda juga untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan jtersebut. Sehingga dalam hal ini diperlukan pengetahuan tentang kebutuhan gizi ibu hamil dari trimester pertama sampai ketiga.

  1. Trimester pertama

Pada minggu pertama sampai minggu ke-12 merupakan tahap perkembangan awal yaitu kelengkapan organ tubuh. Pada tahap awal ini ibu hamil membutuhkan asupan kalori lebih banyak yaitu 2000 kalori. untuk mencukupi kebutuahn kalori tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi nasi, gandum ataupun jenis karbohidrat lainnya. Memasuki minggu ketujuh, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu ataupun yoghurt.

Pada trimester pertama juga harus memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein untuk menunjang pembentukan sel otak. Asupan vitamin harus diperhatikan seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2,vitamin B6 dan B12 untuk pembentukan sel darah. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin D untuk pembentukan tulang.

  1. Trimester kedua

Perkembangan janin pada trimester kedua berlangsung dengan sangat cepat sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Pada awal trimester kedua asupan kalori masih harus diperhatikan karena masih terjadi pembentukan organ. Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel-sel darah merah. Hal ini untuk mendukung jantung dan sistem peredaran darah yang mulai terbentuk pada minggu ke-17.

Pada tahapan ini juga ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 untuk mengoptimalkan otak janin. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kafein ataupun mengandung kadar garam tinggi karena bisa memicu keluhan pada kehamilan.

  1. Trimester ketiga

Pada tahapan ini merupakan waktu untuk mempersiapkan proses persalinan. Pada tahapan ini Anda harus meningkatkan asupan kalori untuk untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan janin dan plasentanya. Ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 untuk menunjang proses metabolisme dalam membentuk senyawa kimia untuk dihantarkan menuju sel saraf. Pada tahapan ini juga ibu hamil harus mengkonsumi makanan yang mengandung yodium untuk mencegah terhambatnya perkembangan otak atau tinggi badan.

Related Posts

Share This