Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Untuk Perkembangan Janin

Kebutuhan gizi ibu hamil merupakan salah satu aspek yang harus dipenuhi guna mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Karena bagaimanapun makanan termasuk salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup janin. Apabila asupan nutrisi tidak terpenuhi maka sangat beresiko terhadap gangguan pertumbuhan yang bisa berakibat fatal.

Ibu hamil harus memperhatikan pola makan dan segala kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, vitamin, karbohidrat, lemak dan mineral. Semua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, telur dan makanan sehat lainnya.

Kebutuhan Gizi Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Hamil

  • Protein

Ibu hamil membutuhkan asupan protein sebanyak 60 gram setiap harinya. Adapun sumber protein hewani bisa diperoleh dari unggas, daging merah, susu, telur dan ikan. Untuk protein nabati terkandung dalam kacang-kacangan serta produk olahannya seperti tahu dan tempe. Protein dibutuhkan untuk pembentukan sel darah, membentuk hormone pada ibu hamil serta janin dan meregenerasi sel.

  • Kalori

Pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan asupan kalori sebanyak 180 kkal, trimester kedua dan ketiga 300 kkal. Kalori sebagian besar bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 55%, protein 10%, lemak hewani dan nabati 35%.

  • Lemak

Ibu hamil membutuhkan asupan asam lemak baik guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Jenis asam lemak untuk ibu hamil yaitu omeg-3 dan omega-6. Nah, untuk sumber omega-3 yaitu sayuran, daging serta telur. Sedangkan omega-6  bisa diperoleh dari ikan tuna, sarden, salmon dan kacang kedelai.

  • Vitamin

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A untuk pertumbuhan tulang, gigi, mencegah kelainan kbawaan, rambut dan perkembangan mata. Vitamin B1 berguna untuk mengatur sistem saraf dan menjaga energi ibu hamil. Sedangkan vitamin B12 berguna kuntuk membantu perkembangan saraf serta fungsi otak pada janin.

Selain itu, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi, pembentukan gigi dan gusi serta untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C bisa diperoleh dari sumber makanan seperti buah-buahanm, sayuran dan sumber makanan lainnya.

Kebutuhan vitamin D pada ibu hamil juga sangat penting guna pembentukan tulang. Sedangkan untuk vitamin E berguna untuk mempermudah tubuh dalam membentuk sel darah merah. Manfaatnya untuk mencegah penyakit anemia pada ibu hamil.

  • Mineral

Ibu hamil juga membutuhkan mineral untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Salah satunya yaitu kebutuhan zat besi untuk mencegah anemia. Sumber makanan yang menyediakan zat besi yaitu sayuran dan daging merah. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan asupan asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat. Sumber makanan yang menyediakan asam folat yaitu sayuran dan buah-buahan.

Disamping itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan kalsium dalam membantu pembentukan gigi dan tulang. Pada dasarnya kalsium bisa diperoleh dengan sangat mudah dari susu, sayuran brokoli dan ikan salmon.

Related Posts

Share This