Kebiasaan yang Wajib Bunda Terapkan Untuk Kesehatan Gigi Anak

Perawatan gigi. Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangatlah penting yang memang harus di jaga dengan baik. Karena kuman juga bakteri bisa sangat dengan mudah bersarang di gigi. Bukan hanya gigi yang berwarna kuning ketika perawatan gigi kurang maksimal, akan tetapi ada juga masalah lainnya yang memang dapat menyerang gigi, seperti gigi berlubang, bahkan gigi yang kropos.

Bagi orang dewasa, mungkin melakukan perawatan gigi merupakan satu hal yang sulit. Dan jauh lebih sulit lagi ketika harus menjaga kesehatan gigi anak. Karena jika tidak diajarkan sejak dini, maka umumnya si kecil akan menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Nah, agar si kecil memiliki gigi yang sehat juga kuat, maka di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda terapkan kepada si kecil guna menjaga kesehatan gigi anak, yaitu sebagia berikut:

  1. Kebiasaan Gosok Gigi

Anda bisa mengajarkan si kecil untuk rutin menggosok gigi sejak dini, dan jadikanlah kegiatan menggosok gigi ini sebagai kebiasaan yang memang tidak boleh di tinggalkan. Anda harus membiasakan si kecil untuk menggosok gigi setelah makan serta sebelum tidur. Dan pastikan si kecil menggosok gigi dengan sikat juga pasta gigi yang khusus untuk anak-anak.

  1. Makanan Bergizi

Masa anak-anak merupakan salah satu masa dimana mereka akan menjalankan pertumbuhan juga perkembangan tubuhnya yang begitu pesat. Dan di masa inilah si kecil penting memperoleh asupan nutrisi juga gizi yang cukup, tidak terkecuali untuk kesehatan giginya. Anda dianjurkan untuk memberikan si kecil makanan yang memang memiliki gizi juga nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatannya.

  1. Teknik Menggosok Gigi

Umumnya anak-anak akan kerepotan ketika mereka menggosok gigi. Nah, agar gigi si kecil sehat, maka patsinya si kecil harus mengetahui teknik atau cara menyikat gigi yang benar. Dan hal ini pastinya menjadi tugas penting untuk kita sebagai orangtua, guna menjelaskan teknik menyikat gigi yang benar.

  1. Flossing
Baca Juga:  Tips dan Cara Menggemukan Badan Anak Dengan Mudah

Flossing ini adalah kegiatan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. Anda bisa mengajarkan si kecil untuk menghilangkan sisa makanan tersebut dengan menggosok gigi secara teratur, berkumur, atau bahkan dengan menggunakan benang.

  1. Periksa Gigi

Anda juga dianjurkan untuk membiasakan si kecil untuk memeriksakan giginya minimal 1 kali dalam 6 bulan ke dokter gigi. Dengan tujuan untuk memperoleh gigi yang sehat serta jauh dari masalah gigi. Dan jika kemungkinan ada bagian gigi yang berlubang, plak gigi atau bahkan gigi yang kropos, maka dengan memeriksakan ke dokter maka masalah ini bisa di atasi dengan mudah.

Nah, itulah beberapa hal yang harus bunda terapkan kepada si kecil agar kesehatan gigi si kecil bisa tetap terjaga.

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517