Kebiasaan Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga. Hal ini karena gigi berkaitan erat dengan sistem pencernaan. Gigi memiliki fungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan sebelum akhirnya masuk ke dalam lambung. Mengunyah makanan sangat penting untuk memudahkan lambung dalam memproses makanan sehingga penyerapan nutrisi pada usus bisa berlangsung sempurna.

Gigi yang sehat dan terlihat putih bersih tentunya menjadi dambaan setiap orang. Kesehatan gigi yang terawatt dengan baik akan menambah rasa percaya diri ketika berbicara atau tersenyum dengan orang lain. Selain itu, gigi yang sehat akan menghindarkan Anda dari penyakit seperti infeksi gusi dan gigi keropos. Akan tetapi terkadang banyak orang yang mengabaikan kesehatan gigi sehingga akhirnya terjadi kerusakan.

Kerusakan bisa dipicu oleh banyak hal, baik itu faktor makanan, minuman, kebiasaan jarang menggosok gigi dan kebiasaan buruk lainnya. Lalu kebiasaan apa saja yang bisa memicu kerusakan pada gigi? Berikut ini penulis merangkumnya!

Penyebab Kerusakan Gigi

Mengunyah Es Batu

Nah, salah satu kebiasaan yang bisa memicu kerusakan pada gigi yaitu mengunyah es batu. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi minuman dingin dengan tambahan es batu sebaiknya menghilangkan kebiasaan untuk mengunyah es batu. Sekilas mungkin kebiasaan ini tidak menimbulkan efek samping langsung. Namun dalam hal ini kebiasaan mengunyah es batu memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan gigi jika terus menerus dilakukan.

Mengunyah es batu bisa saja mengiritasi lapisan atau jaringan lunak pada gigi sehingga memicu sakit gigi. Meskipun mengunyah es batu menyegarkan mulut, akan tetapi hal ini memiliki dampak buruk untuk gigi dan sebaiknya dihindari.

Menggosok Gigi Dengan Cara Yang Salah

Menggosok gigi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi. Namun kegiatan ini tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak boleh sembarangan. Sebab jika asal-asalan bisa memicu kerusakan pada gigi. Hindari penggunaan sikat gigi yang terlalu keras sebab bisa mengikis lapisan gigi, membuat gigi ngilu dan lama kelamaan akan membuat gigi berlubang.

Obat Batuk

Obat batuk cair biasanya memiliki rasa manis sehingga hal ini bisa mengundang masalah kerusakan pada gigi. Nah, bagi Anda yang menggunakan obat batuk sebaiknya bersihkan gigi dengan cara berkumur untuk mencegah gigi berlubang. Kandungan gula pada obat batuk cair amat tinggi sehingga berpotensi terhadap kerusakan.

Mengkonsumsi Makanan Manis

Makanan manis seperti coklat, eskim dan sejenisnya merupakan jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang. Namun tahukah Anda jika makanan manis menjadi salah satu pemicu kerusakan pada gigi. Untuk itu jika Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi maka segeralah untuk berkumur dan menyikat gigi sebelum tidur.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa memicu kerusakan pada gigi. Maka dari itu perhatikan cara merawat gigi yang benar sehingga Anda terhindar dari berbagai kerusakan yang mengancam kesehatan gigi Anda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517