Kebiasaan Tidur Siang Penyebab Diabetes?

Apakah Anda memiliki kebiasaan rutin tidur siang dalam agenda rutin harian? Apabila tidur siang sudah menjadi kebiasaan maka Anda perlu waspada dan mengontrolnya. Mengapa demikian? Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan tidur siang secara berlebihan bisa menjadi salah satu faktor penyebab diabetes.

Menurut riset mengungkapkan bahwa kebiasaan tidur siang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2, terlebih lagi bagi orang dewasa. Kebiasaan tidur siang pada dasarnya dipicu oleh aktivitas padat seperti kurang tidur pada malam hari, jadwal kegiatan terlalu padat dan gaya hidup yang tidak sehat.

Bisa disimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur siang cenderung lebih beresiko terkena penyakit diabetes dengan persentase 36% jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Tidur siang memang memiliki manfaat untuk sejenak mengistirahatkan otak, namun jika terlalu lama maka akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

Tidur siang dengan durasi yang terlalu lama akan menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga cenderung terkena penyakit diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan metabolisme. Kadar gula di dalam darah terlalu tinggi sehingga berakibat pada tubuh yang tak lagi memiliki kemampuan dalam memproduksi insulin.

Kebiasaan tidur siang yang terlalu lama juga akan berdampak iterhadap kualitas tidur di malam hari. Kondisi seperti ini akan terus berlanjut sehingga pada akhirnya mengganggu aktivitas pada esok hari menjadi tidak produktif. Bahkan hal ini [akan memicu penyakit lain pada tubuh karena kurang istirahat pada malam hari.

Kualitas tidur yang terganggu pada malam hari akan menurunkan kemampuan sistem imun dalam melawan penyakit berbahaya. Tubuh akan cenderung lebih rentan terkena penyakit karena tidak lagi memiliki kemampuan untuk membuat sistem pertahanan. Terlebih lagi jika asupan makanan iyang bergizi tidak diperhatikan dan jarang berolahraga.

Untuk memperoleh tubuh yang sehat dan kuat maka sebaiknya mulai saat ini Anda menerapkan pola tidur yang baik pada malam hari dan batasi kebiasaan tidur siang. Durasi waktu maksimal tidur siang tidak boleh melebihi 2 jam. Adapun waktu ideal untuk tidur siang yaitu pada jam 1 hingga 3 sore. Mengapa harus pada waktu tersebut? Hal ini karena jam 1-3 merupakan waktu ideal untuk istirahat siang sehingga tubuh akan kembali fit.

Dalam menjaga pola tidur yang baik pada malam hari, Anda harus memperhatikan asupan makanan, hindari stres, biasakan olahraga dan hindari begadang. Disamping itu, Anda juga harus senantiasa menciptakan ruangan tidur yang menyenangkan sehingga lebih nyaman untuk berada disana pada malam hari. Bahkan tempat yang nyaman akan membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan begitu maka pada esok hari akan terbangun dengan ceria dan lebih siap untuk menjalani hari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517