Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh peningkatan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Tidak hanya orangtua saja yang beresiko mterkena penyakit ini, namun anak muda juga bisa menderita penyakit diabetes. Lalu apa sebenarnya penyebab penyakit diabetes?

Banyak faktor yang bisa memicu peningkatan kadar gula darah seperti stres, kelebihan berat badan dan juga fektor keturunan. Bahkan beberapa kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes. Tanpa disadari aktivitas tersebut banyak dianggap sepele hingga pada akhinya menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Nah, Berikut Ini Beberapa Kebiasaan Yang Memicu Penyakit Diabetes

Makan Tidak Teratur

Kebiasaan makan tidak teratur bisa menyebabkan penyakit maag dan gangguan lambung. Bahkan kebiasaan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. Hal ini karena pola makan yang tidak teratur akan menyebabkan tubuh bekerja tidak seperti seharusnya. Dalam jangka penjang, kebiasaan tersebut akan menyebabkan berbagai resiko pada kesehatan. Penyakit yang mengintai Anda akibat kebiasaan tersebut salah satunya yaitu diabetes.

Sering Melewatkan Sarapan

Banyak orang yang sering menyepelekan dan melewatkan sarapan. Padahal sebenarnya kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagia kesehatan. Salah satunya yaitu menyebabkan penyakit diabetes. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena melewatkan sarapan akan menyebabkan gula darah menurun. Nah, kondisi tersebut akan membuat pola makan Anda di siang hari tidak terkontrol sehingga terjadi peningkatan kadar gula secara signifikan yang memicu obesitas dan diabetes.

Makan Berlebihan

Pola makan yang tidak terkontrol dan cenderung berlebihan sangat berbahaya untuk kesehatan. Makanan yang dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan akan menyebabkan dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat maka cenderung menyebabkan penumpukan kolesterol yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Nah, kondisi seperti ini tentunya bisa memicu penyakit lain seperti diabetes karena kadar gula darah mengalami peningkatan.

Mengkonsumsi Makanan Manis

Makanan manis yag mengandung kadar glukosa atau gula berguna untuk menghasilkan energi. Namun jika makanan manis dikonsumsi secara berlebihan maka beresiko terhadap peningkatan kadar gula dalam darah yang berakibat terhadap diabetes. Maka dari itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan manis sebaiknya Anda batasi sebelum akhirnya mengakibatkan komplikasi diabetes.

Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang memiliki rasa dan tampilan yang menarik. Namun tahukah Anda jika kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti kelebihan berat badan dan diabetes. Mulai sekarang batasi konsumsi makana tersebut dan mulailah beralih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Demikian beberapa kebisaan buruk yang sebaiknya Anda hindari karena memicu masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This