Kebiasaan Sebelum Tidur yang Merusak Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit adalah salah satu hal yang perlu dijaga. Kulit merupakan bagian terluar yang membungkus semua bagian tubuh manusia. Menjaga kesehatan kulit bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan, salah satunya yaitu dengan memperhatikan konsumi makanan dan juga perawatan kulit yang benar.

Bagi Anda wanita yang sering menggunakan make up sebaiknya membiasakan untuk membersihkannya sebelum tidur. Jangan pernah membiasakan tidur dengan kulit yang masih dalam keadaan menggunakan make up. Hal ini bisa menyebabkan kulit mengalami kerusakan. Contohnya seperti munculnya jerawat, komedo, iritasi kulit dan lainnya. Kulit wajah sebaiknya senantiasa dibersihkan sebelum tidur supaya pori-pori kulit tidak terhambat.

Selain membersihkan riasan wajah, ada juga beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum tidur pada malam hari. Hal ini berkaitan erat dengan kesehatan dan kerusakan kulit jika Anda tidak memperhatikan langkah dan cara yang benar. Apa saja kebiasaan yang kurang sehat dan sebaiknya dihindari sebelum tidur?

Inilah Beberapa Kebiasaan yang Sebaiknya Anda Hindari Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Kulit

  1. Tidak Mencuci Kulit Wajah

Sebelum pergi tidur pada malam hari sebaiknya membiasakan diri untuk senantiasa mencuci wajah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kulit wajah dari polutan dan kotoran yang menempel. Terlebih lagi bagi Anda yang seharian beraktivitas di luar ruangan atau Anda yang menggunakan riasan wajah. Kotoran yang menempel pada kulit wajah bisa menghambat aktivitas pori-pori. Selain itu, pada waktu tidur, kulit akan bergerenerasi dari sel kulit tua menjadi baru kembali.

Jika kulit dalam kedaan kotor maka hal ini bisa menyebabkan aktivitas regenerasi menjadi tidak optimal. Dengan begitu maka sel-sel kulit mati akan mengalami penumpukan sehingga memicu jerawat ataupun muncul masalah kulit lainnya.

  1. Mencuci Wajah Dengan Air Panas atau Dingin

Kebiasaan mencuci wajah dengan air panas atau dingin bisa memicu kerusakan pada kulit. Sebaiknya gunakan air suam suam kuku untuk mencuci kulit wajah sebelum tidur untuk membersihkan kotoran yang menempel.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Perawatan Untuk Kulit

Jangan membiasakan menggunakan banyak produk perawatan kulit sebelum Anda tidur. Cukup gunakan retinol saja untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit Anda. Jika banyak produk perawatan kulit yang digunakan maka hal ini akan memicu kerusakan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif.

  1. Bermain Gadget Sebelum Tidur

Bermain telepon genggam sebelum tidur nampaknya sudah menjadi kebiasaan banyak orang saat ini. Tapi ternyata jika ditinjau dari segi kesehatan ternyata kebiasaan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, salah satunya mempengaruhi kesehatan kulit.

  1. Sarung Bantal Katun

Bahan katun sebenarnya terlalu keras untuk kulit. Sebaiknya Anda gunakan sarung bantal yang berbahan satin atau sutra. Namun jika Anda tetap ingin menggunakan katun, maka pilihlah jenis katun yang lebih lembut.

Itulah sebagian kecil dari kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan kulit. Jangan memelakukan aktivitas yang berbahaya bagi kesehatan sebelum Anda pergi untuk tidur. Sebaiknya lakukan kegiatan yang lebih sehat supaya kulit senantiasa terhindar dari risiko kerusakan yang berbahaya.

Terapkan kebiasaan baik sebelum tidur untuk menghindari berbagai permasalahan serius pada kulit. Minumlah segelas air putih sebelum Anda tidur. Jika dilakukan secara tepat, kebiasaan tersebut akan membuat Anda lebih sehat dan bugar saat bangun tidur. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda untuk hidup yang lebih sehat!

Related Posts

Share This