Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Gangguan Fungsi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ dalam yang sangat penting bagi tubuh. Fungsi dari ginjal diantaranya yaitu untuk menyaring darah dan juga racun yang ada didalam tubuh. Organ tersebut akan menghasilkan beberapa jenis hormon yang akan membantu tubuh Anda guna menyerap mineral-mineral penting. Jika kesehatan ginjal terganggu maka secara tidak langsung kesehatan tubuh juga akan ikut terganggu.

Gangguan fungsi ginjal bisa diakibatkan oleh hal-hal yang sepele. Salah satu contohnya yaitu akibat kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat terutama dalam pola makan. Kebiasaan mengkonsumsi minuman yang beralkohol, obat-obatan, minuman bersoda dan kebiasaan buruk lainnya akan merusak fungsi dari ginjal. Jika banyak zat asing masuk kedalam tubuh maka hal ini mengharuskan ginjal untuk bekerja lebih keras dari seharusnya. Aktivitas ginjal yang berlebihan akan emmicu kerusakan secara perlahan. Lama kelamaan fungsi dan kemampuan ginjal akan mengalami penurunan atau bahkan kerusakan yang fatal.

Berikut Beberapa Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Dihindari

Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda seringkali menjadi pilihan banyak orang karena menurut mereka jenis minuman ini sangat menyegarkan. Terlebih lagi ketika cuaca sedang panas. Bahkan kebiasaan orang-orang zaman sekarang sudah menjadikan minuman bersoda sebagai minuman utama. Mungkin kebanyakan orang tidak menyadari akan bahayanya jika terus menerus dikonsumsi. Menurut sebuah studi menunjukan bahwa kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda akan mengakibatkan urin mengandung protein. Nah, kandungan tersebut dalam urin akan merusak kesehatan ginjal.

Minuman Alkohol

Jika minuman bersoda saja berbahaya, apalagi minuman yang mengandung alkohol. Alkohol yang masuk kedalam tubuh secara terus menerus mengharuskan ginjal untuk bekerja ekstra sebagai upaya menyaring racun. Lama kelamaan fungsi ginjal menurun dan menyebabkan kerusakan permanen.

Merokok

Kebiasaan merokok turut mempengaruhi kesehatan ginjal. Racun dari rokok akan masuk kedalam pembuluh darah. Jika sudah begitu maka sirkulasi darah akan terganggu dan mhal ini tentunya tururt mempengaruhi kesehatan ginjal.

Kurang Minum

Asupan cairan sangat penting untuk tubuh. Fungsinya untuk memperlancar sirkulasi darah dan juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jika cairan kurang maka akan terjadi penumpukan racun dalam tubuh dan hal ini memaksa ginjal untuk mengolahnya dengan sangat keras. Tentu saja kondisi seperti ini menyakiti ginjal.

Kurang Istirahat

Kabiasaan begadang juga bisa menurunkan kesehatan ginjal. Organ-organ tubuh juga memerlukan istirahat untuk mengembalikan fungsinya. Jika keseringan begadang maka hal ini memaksa ginjal untuk tetap bekerja pada malam hari yang seharusnya berhenti. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan begadang sebaiknya hentikan mulai saat ini juga supaya tidak merusak kesehatan ginjal.

Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin B6 bisa mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu usahakan supaya tubuh Anda mendapatkan asupan makanan yang bergizi untuk tetap emnjaga kesehatan ginjal.

Konsumsi Obat-obatan

Dalam mengatasi masalah kesehatan seringkali obat-obatan menjadi solusinya. Namun tanpa disadari bahwa konsumsi obat-obatan kimia bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Zat-zat kimia pada obat mengharuskan ginjal untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih cepat lagi guna menyaring racun. Konsumsi obat dalam jangka panjang akan mengakibatkan gangguan pada fungsi ginjal.

Protein Berlebih

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun jik asupannya berlebihan maka bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Dalam hal ini ginjal harus bekerja lebih keras untuk mencerna protein. Jika protein menumpuk maka risikonya yaitu batu ginjal.

Mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk menghindari kerusakan ginjal. Konsumsi makanan sehat, penuhi asupan cairan untuk tubuh dan biasakan untuk rajin berolahraga secara rutin setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517