Kebiasaan Buruk Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang. Rasa sakit pada punggung mungkin bukan hal yang membahayakan. Namun hal ini juga tidak bisa dianggap sepele karena bisa menjadi indikasi timbulnya suatu penyakit. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui faktor penyebab nyeri punggung sehingga bisa diatasi lebih awal sebelum timbulnya gejala yang lebih parah.

Banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri punggung. Salah satunya yaitu dari kebiasaan dan aktivitas kita sehari-hari yang tanpa disadari memicu keluhan tersebut. Oleh karena itu, perlu ditelusuri jenis kegiatan apa saja yang memicu nyeri punggung. Dengan begitu maka akan membuat kita lebih waspada dan mengubah kebiasaan tersebut sebelum akhirnya timbul gangguan yang lebih parah.

Daftar Kebiasaan Yang Memicu Nyeri Punggung

  1. Kebiasaan Menggendong Tas Besar

Apabila Anda memiliki kebiasaan membawa tas besar dengan banyak barang maka jangan aneh jika Anda sering merasakan nyeri punggung. Membawa beban berat terlalu sering akan mem,buat bahu menjadi tidak seimbang sehingga hal ini memicu tulang belakang menjadi tidak seimbang juga. Maka dari itu, untuk mencegah sakit punggung, hindari kebiasaan tersebut dan gunakanlah alat yang lebih aman untuk membawa beban berat.

  1. Duduk Sepanjang Hari

Bagi Anda yang memiliki rutinitas kerja dengan menghabiskan banyak waktu duduk di depan computer atau sejenisnya maka lebih beresiko mengalami nyeri punggung. Duduk seharian dengan banyak kerjaan ternyata sangat beresiko terutama jika Anda mengabaikan postur tubuh yang tepat. Secara tidak langsung duduk terlalu lama akan memberikan tekanan oyang lebih banyak terhadap tulang belakang sehingga memicu nyeri punggung. Maka dari itu, sesibuk apapun Anda, sempatkanlah untuk berdiri sewaktu bekerja sebagai upaya menghindari nyeri punggung.

  1. Stres

Selain aktivitas fisik, kondisi psikis juga turut mempengaruhi nyeri punggung. Bagi Anda yang sering merasa stres akibat banyaknya tekanan baik itu didunia kerja ataupun problema lainnya maka bukan tidak mungkin akan terkena nyeri punggung. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karenda pada waktu stres, otot-otot di bagian punggung dan leher akan berkontraksi sehingga menegang. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan nyeri punggung.

  1. Tempat Tidur

Jika Anda sering mengalami keluhan saki punggung maka bisa saja diakibatkan oleh tempat tidur yang terlalu tua. Menurut pakar kesehatan menyarankan supaya kasur yang kita gunakan idealnya diganti 10 tahun sekali. Atau lebih baik 5 tahun sekali jika dirasa sudah tidak nyaman. Kabiasaan tidur dengan kasur tua memang memicu sakit punggung yang berkelanjutan.

Nah, demikian beberapa faktor penyebab nyeri punggung yang patut kita ketahui. Dengan begitu maka mulai sekarang hindariĀ  dan ubahlah kebiasaan buruk yang bisa memicu nyeri punggung. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This