Keajaiban ASI Eksklusif Sebagai Asupan Nutrisi Terbaik Untuk Bayi

ASI eksklusif merupakan air susu yang keluar dari dalam tubuh ibu, yang memiliki keutamaan mencukup segala gizi yang dibutuhkan oleh si kecil sejak mereka lahir. Sedangkan menyusui yaitu proses pemberian ASI eksklusif yang diberikan oleh si ibu kepada anaknya. Bahkan World Health Oganization (WHO) menyatakan, bahwa proses pemberian ASI yang diberikan secara eksklusif kepada si kecil merupakan proses pemberian susu yang sangat baik, karena telah terbukti mampu mencegah terjadinya kematian terhadap bayi sebanyak 200.000 selama satu tahun. Sangat hebat kan ASI? Bukan hanya itu, ASI juga mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi, bahkan ketika si kecil tumbuh dewasa, maka ia akan terhindar dari penyakit diabetes.

Namun sangat di sayangkan, untuk saat ini banyak diantaranya ibu yang lebih memilih karir, dan itu mengharuskan si kecil menerima susu bayi atau susu formula yang memang gizinya tidak sebaik ASI. Bukan tidak boleh memberikan bayi susu formula, akan tetapi sebaiknya si kecil diberikan ASI eksklusif sejak ia lahir sampai minimal usianya 6 bulan. Karena banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh ASI ibu.

ASI dipercaya sebagai susu bayi terbaik, karena ASI memiliki lebih dari 100 zat gizi yang memang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Bukan hanya itu, ternyata ASI juga memiliki antibody yang bisa menangkal segala macam penyakit yang menyerang si kecil. Walaupun banyak diantaranya perusahaan yang memproduksi susu formula yang menanamkan gizi yang menyerupai ASI, namun tetap saja susu formula tidak akan bisa menandingi manfaat ASI. Dan berikut ini ada beberapa contoh kandungan zat yang ada di dalam ASI atau air susu ibu:

  1. AA
  2. DHA
  3. Taurin
  4. Spyngomyelin

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang ASI yang bisa diterima oleh bayi, diantaranya yaitu:

  1. ASI mampu membantu menjaga kekebalan tubuh si kecil dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerangnya.
  2. ASI mampu memberikan gizi yang baik juga seimbang untuk si kecil.
  3. ASI memiliki kandungan lemak, karbohidrat, serta kaya akan vitamin A yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan si kecil sejak ia lahir.
  4. Mampu membantu mengekuarkan kotoran si kecil yang memiliki warna kehijau-hijauan.
  5. Di dalam ASI juga memiliki kandungan nutrisi yang terbaik, dan pastinya sangat di butuhkan oleh bayi atau si kecil.
  6. Asi mampu mencegah terjadinya bayi yang terjangkit penyakit diare, alergi, gangguan pernapasan dan obesitas.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh ASI. Maka dari itu sangat di anjurkan bayi diberikan ASI eksklusif sedari ia lahir sampai batas minimal usianya menginjak 6 bulan. Bukan hanya itu, ternyata memberikan ASI eksklusif bukan hanya memberikan manfaat untuk bayi, melainkan memberikan manfaat juga bagi ibu yang menyusuinya, diantaranya yaitu:

  1. Mencegah peradangan payudara
  2. Membangun kedekatan psikologis dengan bayi
  3. Mengurangi rasa sakit, ngilu atau linu pada payudara
  4. Menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi ibu karena bisa menyusuinya

Related Posts

Share This