Kategori Sayuran Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Pada waktu hamil, ada beberpa hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil dan sebaliknya. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, ada beberpa hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil seperti mengkonsumsi minuman yang beralkohol, merokok atau minum obat tanpa resep dari dokter.

Gaya hidup sehat selama menjalani kehamilan merupakan salah satu faktor yang menunjang perkembangan janin. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin, serat dan mineral yeng terdapat pada buah-buahan dan sayur sangat melimpah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Sayuran Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Meskipun buah dan sayur merupakan makanan sehat yang disarankan untuk ibu hamil, akan tetapi ada beberapa jenis buah dan sayur yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa beresiko bagi kehamilan.

Berikut ini Beberapa Kategori Sayuran Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Sayuran yang mengandung pestisida. Pada dasarnya sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi. Sebagian orang mungkin berpikiran kalau sayuran yang terlihat segar pastinya sehat. Akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut bukan merupakan sebuah jaminan karena banyak sayuran yang terlihat segar ternyata mengandung zat berbahaya seperti pestisida. Bagi ibu hamil sebaiknya hati-hati dan teliti dalam memilih jenis sayuran supaya tidak membahayakan kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Pestisida merupakan zat kimia beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Ibu hamil yang terpapar oleh pestisida sangat beresiko melahirkan bayi yang tidak normal karena senyawa dari pestisida bisa menyebabkan cacat pada janin.

Sayuran mentah atau lalapan. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran mentah atau lalapan. Hal ini karena sayuran yang tidak di masak kemungkinan mengandung pestisida, kotoran dan bakteri berbahaya yang tidak bisa hilang hanya dengan dicuci saja. Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi sayuran tanpa diolah terlebih dahulu karena bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan janin di dalam kandungan.

Sayuran yang berjamur. Sayuran yang sudah membusuk dan berjamur tentunya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan, terlebih lagi bagi ibu hamil. Banyak yang beranggapan bahwa sayuran berjamur boleh dikonsumsi apabila bagian yang berjamurnya sudah dibuang. Anggapan tersebut mungkin kurang tepat karena sayuran yang sudah berjamur tetap saja berbahaya meskipun bagian yang berjamur sudah dibuang. Ibu hamil sebaiknya memilih jenis sayuran yang masih bagus dan bersih.

Sayuran yang tidak dicuci. Ibu hamil harus lebih teliti dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Cara pengolahan makanan yang benar menjadi dasar untuk menunjang kesehatan selama menjalani kehamilan. Sayuran yang akan diolah sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan meminimalisir bakteri.

Sumber makanan sehat akan membahayakan tubuh apabila kurang teliti dalam memilih dan mengolah makanan tersebut. Ibu hamil sebaiknya lebih cerdas dan teliti dalam memilih jenis makanan. Selain itu, ibu hamil juga dituntut untuk pandai mengolah makanan supaya kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan akan terpenuhi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517