Kategori Makanan Yang Berbahaya Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makanan adalah salah satu komponen penting untuk kesehatan tubuh. Setiap jenis makanan yang kita konsumsi secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif dan positif untuk tubuh. Disamping itu, makanan yang berkualitas dengan kandungan gizi tinggi adalah salah satu hal wajib yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisi meningkat dua kali lipat karena adanya janin didalam kandungan. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari jenis makanan yang berbahaya untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Ibu hamil tidak bisa sembarangan mengkonsumsi setiap jenis makanan. Ada beberapa kategori makanan yang dianggap paling membahayakan kesehatan dan janin di dalam kandungan. Apa saja jenis makanan tersebut?

  1. Makanan Setengah Matang

Ibu hamil jangan pernah mengkonsumsi makanan setengah matang. Terlebih lagi jika makanan tersebut dari kelompok daging dan ikan. Makanan setengah matang dikhawatirkan mengandung bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan janin terinfeksi. Bakteri salmonella yang berasal dari makanan setengah matang bisa mengakibatkan kontraksi sebelum waktunya.

Jenis makanan setengah matang yang sebaiknya dihindari yaitu dagingsetengah matang, kuning telur setengah matang dan berbagai olahan ikan. Pada waktu hamil sebaiknya mengolah makanan dengan benar dan pastikan matang sempurna sehingga terbebas dari bakteri atau kuman.

  1. Makanan Mentah

Makanan setengah matang saja tidak boleh, apalagi makanan mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Jenis makanan mentah seperti sushi alangkah lebih baiknya tidak dikonsumsi. Makanan mentah beresiko mengandung virus dan bakteri. Dikhawatirkan adanya virus tokso pada makanan yang tidak diolah secara matang.

  1. Pemanis Buatan

Kategori makanan yang banyak mengandung pemanis buatan tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena beresiko menyebabkan penyakit seperti diabetes dan kenaikan berat badan berlebih. Selain itu, kategori makanan ini juga bisa mempengaruhi kesehatan janin yang ada didalam kandungan.

  1. Olahan Susu Tanpa Pasteurisasi

Susu, keju dan yoghurt yang tidak melalui proses pateurisasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan olahan dari susu tanpa proses pasteurisasi dikhawatirkan mengandung bakteri yang berasal dari susu murni sebelumnya.

  1. Makanan Kaleng

Makanan kaleng dikhawatirkan mengandung zat kimia sebagai pengawet sehingga jenis makanan ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Makanan kaleng seperti manisan buah, kornet, sarden dan jenis lainnya jangan dikonsumsi selama hamil karena resikonya sangat tinggi untuk kehamilan dan perkembangan janin.

  1. Makanan Yang Mengandung MSG

MSG adalah zat kimia yang membuat citarasa makanan menjadi gurih. Dengan penambahan MSG maka makanan yang Anda sajikan akan semakin lezat. Namun MSG sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil karena bisa mengganggu perkembangan otak janin. MSG beresiko menurunkan kecerdasan otak anak. Selama hamil hendaknya lebih selektif dalam memilih jenis makanan. Pastikan kebersihan dan cara pengolahan yang benar.

Related Posts

Share This