Karena Gangguan Saraf, Dawn Selalu Pingsan Ketika Tertawa

Pingsan, merupakan salah satu kejadian yang sangat identic dengan respon yang memang di tunjukkan oleh seseorang ketika seseorang itu melihat sesuatu yang menakutkan atau bahkan ketika seseorang tersebut menerima kabar yang membuat dirinya terkejut. Akan tetapi, Dawn Jones justru akan jatuh pingsan ketika ia tertawa.
Dan ternyata, Dawn dinyatakan mengidap sebuah kondisi gangguan saraf yang sangat langkan, yang mana di sebut dengan cataplexy. Untuk kasus yang dialami oleh Dawn sendiri, ia akan terjatuh pingsan karena di picu oleh aktivitas, seperti tertawa juga menangis.

“Tiap kali saya merasa sedih atau tertawa terbahak-bahak, saya tahu-tahu akan jatuh begitu saja seperti boneka,” kisah Dawn seperti di kutip dari health.detik pada haris Kamis (04/11/2015).

Dan anehnya lagi, setiap kali Dawn terjatuh pingsan, sebenarnya Dawn ada dalam keadaan yang memang sepenuhnya sadar, hanya saja beberapa bagian tubuhnya tidak bisa ia gerakan sama sekali selama beberapa waktu. “Bisa dalam hitungan menit atau sampai setengah jam,” lanjutnya.

Maka dari itu, tidak heran jika wanita yang sudah berusia 40 tahun ini kerap kali di larikan ke rumah sakit karena berulang kali ia harus terjatuh dan menyebabkan luka pada beebrapa bagian tubuhnya. Bahkan, Dawn juga dipaksa untuk mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan dalam jumlah yang lumayan banyak, guna menstabilkan kondisinya tersebut.
Dawn kembali mengisahkan, gejala pingsan ini awalnya ia rasakan ketika tahun 2010, ketika ia tengah mengandung. Dan ketika Dawn di periksa untuk pertama kalinya, dokter mendiagnosis Dawn terkena narkolepsi, yaitu sejenis gangguan saraf yang memang di perlihatkan dengan adanya serangan kantuk yang tidak bisa tertahankan yang berlangsung secara tiba-tiba.

Dan barulah, di tahun 2012 Dawn diberitahu kembali bahwa dirinya juga mengidap cataplexy, yang mana kondisi ini merupakan bentuk yang sangat langka dari kondisi narkolepsi. Dan sayangnya lagi, sampai saat ini dokter masih belum menemukan obat untuk mengatasi cataplexy yang diderita Dawn, sehingga Dawn harus membiasakan dirinya dan lebih berhati-hati ketika tertawa.

Dan langkah yang harus Dawn lakukan yaitu, pertama-tama ia harus bisa mengendalikan emosinya. Bahkan ketika ia tengah menonton sebuah tayangan komedi yang memang merupakan tontonan kesukaan Dawn. “Kadang kalau saya tidak tertawa ketika ada orang yang melontarkan guyonan, mereka pikir saya aneh,” ungkap Dawn.
Bahkan, tidak jarang juga Dawn dikira tengah mabuk, karena kecenderungannya untuk terjatuh berulang kali. Akan tetapi, untuk mengantisipasi kejadian serupa, ibu dari 6 orang anak ini selalu membawa sebuah kartu yang berisikan keterangan tentang kondisinya tersebut.

Namun kondisi ini masih belum menjadi masalah yang berat bagi dirinya yang disebabkan oleh jenis penyakit aneh ini. Karena diantara masalah tersebut, justru Dawn sering tidak mau terbangun di pagi hari untuk mengantar anak-anaknya pergi ke sekolah, dan jelas ini merupakan masalah yang besar bagi keluarga Dawn.

Namun dengan kondisi seperti ini, bukan berarti Dawn tidak bisa menikmati kehidupannya selama ini. Karena dengan bantuan dari suami tercinta, Rhys, Dawn mencoba untuk tetap bisa tertawa walaupun ia harus siap untuk menanggung segala bentuk konsekuensinya.

“Kalau Rhys ingin menunjukkan sebuah klip lucu dari YouTube saat saya sedang makan, dia minta saya untuk menyelesaikan kegiatan itu dulu. Lalu baru ia nyalakan, setelah itu ia menunggui saya sampai bangun dari pingsan,” urai Dawn.

Related Posts

Share This