Karbohidrat Salah Satu Kebutuhan Ibu Hamil

Kebutuhan ibu hamil dalam aspek nutrisi memang harus dipertimbangkan dengan baik. Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Hal ini karena janin di dalam kandungan membutuhkan makanan untuk proses tumbuh kembangnya. Dalam hal ini ibu hamil dituntut untuk lebih selektif dan cermat sehingga semua kebutuhan nutrisi akan terpenuhi dengan baik.

Salah satu unsur makronutrisi yang perlu diperhayikan oleh ibu hamil yaitu karbohidrat. Namun terkadang banyak ibu hamil yang mengurangi asupan karbohidrat dengan alasan menghindari kenaikan berat badan pada waktu hamil. Hal ini tentunya bukan sebuah tindakan yang tepat karena karbohidrat dibutuhkan selama hamil untul menghasilkan enrgi ekstra.

Ibu hamil sebaiknya tidak menghindari makanan yang mengandung karbohidrat selama hamil karena bagaimanapun nutrisi tersebut diperlukan tubuh untuk menghasilkan energy. Yang perlu dilakukan dalam hal ini adalah memilih sumber karbohidrat yang baik.

Karbohidrat memiliki peranan penting bagi ibu hamil seperti membantu prtumbuhan janin dan menghasilkan energi. Karbohidrat juga dibutuhkan selama hamil untuk menghemat protein, pembentukan sel, mengatur metabolisme tubuhm menjaga kesehatan jaringan saraf dan membantu melancarkan pencernaan.

Karbohidrat bisa diperoleh dari sumber makanan seperti roti, tepung, nasi merah, nasi putih, kentang. Gandum dan lain sebagainya. Untuk ibu hamil disarankan supaya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum dan beras merah. Karbohidrat kompleks pada dasarnya lebih mudah diurai oleh tubuh sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan selama hamil.

Pada saat hamil harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Peningkatan kalori pada waktu hamil yaitu sekitar 45% dibandingkan sebelum hamil. Memasuki trimester kedua kehamilan, kebutuhan kalori meningkat dan begitupun memasuki usia kehamilan tahap akhir.

Asupan karbohidrat yang mencukupi selama hamil akan memberikan tambahan energi dan membantu pembentukan plasenta, pembuluh darah, pertumbuhan janin dan perubahan metabolisme. Karbohidrat tidak bisa dihindari ketika hamil. Yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol asupan karbohidrat supaya tidak berlebihan.

Anda bisa memilih karbohidrat yang dinilai lebih aman untuk kehamilan. Selain itu seimbangkan pula asupan karbohidrat dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kekurangan asupan karbohidrat selama hamil bisa mengganggu tumbuh kembang janin, resiko gangguan fungsi otak, menurunkan kekebalan tubuh dan gangguan mood pada ibu hamil.

Namun jika karbohidrat terlalu berlebihan maka beresiko menyebabkan penyakit diabetes dan kenaikan berat badan secara tidak terkendali. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengatur pola makan sehat. Pastikan pola makan Anda teratur dengan baik. Contohnya sarapan pagi, cemilan siang hari, makan siang, lanjut cemilan sore dan makan malam. Disamping  itu porsi makan harus disesuaikan sesuai dengan variasi makanan yang Anda pilih.

Related Posts

Share This