Karakteristik Juga Pengertian Anak Usia Dini yang Harus Bunda Pahami

Jika di lihat secara umum, pengertian anak usia dini yaitu anak-anak yang masih berusia di bawah 6 tahun. Itu artinya, anak usia dini ini dimulai sejak si kecil lahir sampai usia si kecil mencapai 6 tahun. Bahkan ada diantaranya beberapa orang yang menyebutkan hal ini merupakan fase atau masa dimana si kecil memasuki golden age, mengapa? Dikarenakan fase ini merupakan satu fase yang dapat menentukan seperti apakah mereka kelak di masa depan, baik dari segi fisik ataupun mental juga kecerdasan si kecil. Dan pastinya, banyak diantaranya faktor yang memang bisa mempengaruhi si kecil dalam proses perjalanan hidup mereka sejak dini sampai mereka dewasa. Bahkan, apa yang mereka dapatkan serta apa yang di ajarkan kepada mereka sejak kecil juga bisa membekas dan sulit untuk terlupakan oleh si kecil, bahkan hal tersebut bisa memberikan pengaruh dominan dalam menentukan setiap langkah yang akan mereka ambil kelak.

anak usia dini

Mempelajari pengertian anak usia dini yang memang disertai dengan sejumlah informasi yang tidak kalah penting lainnya akan sangat membantu bunda untuk memanfaatkan fase golden age, terutama dalam mempersiapkan masa depan si kecil yang jauh lebih baik.

Nah, berikut ini ada beberapa karakteristik anak usia dini yang sudah sepantasnya untuk bunda ketahui dan pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki jiwa petualang atau sifat eksploratif
  2. Kaya akan daya imajinasi dan fantasi
  3. Mudah merasa frustasi
  4. Belum dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu yang lama
  5. Rasa antusias dan ingin tahu yang kuat terhadap banyak hal di sekitarnya
  6. Enerjik dan aktif
  7. Belum atau kurang memiliki pertimbangan dalam melakukan suatu tindakan
  8. Merupakan fase yang sangat potensial untuk mengajar dan mendidik mereka

Dengan bunda mempelajari pengertian anak usia dini yang disertai dengan bentuk karakteristik yang dimilikinya, maka akan sangat membantu bunda sebagai orang tua untuk belajar lebih tanggap lagi dalam menyikapi serta membimbing si kecil sejak mereka dini.

Memang benar, kondisi yang dimiliki oleh setiap anak pastinya akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, akan tetapi, dengan bunda menyediakan juga mengenalkan lingkungan dan dukungan yang baik kepada si kecil mampu menjamin keamanan serta mereka juga akan mendapatkan lingkungan hidup yang hangat, hingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kualitas yang baik.  Oleh karena itu, mulai dari sekarang bunda bisa mempelajari persoalan pengenai pengertian anak usia dini serta beberapa hal penting lainnya yang memang memiliki kaitan yang erat untuk hasil yang baik dalam tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This