Kapan Bayi Di Bolehkan Untuk Berenang?

Bukan hanya membuat hati si kecil senang, namun bayi berenang juga sangat baik untuk kesehatannya. Maka dari itu, berenang harus di ajarkan sejak dini. Otak bayi bagaikan spons, mampu menyerap semua informasi serta stimulasi yang memang di berikan oleh orang tua kepadanya. Sehingga sangat baik bagi orangtua ketika ingin mengajarjkan berenang pada bayi.

Banyak diantaranya manfaat bayi berenang. Dan beberapa diantaranya yaitu air mampu membuat si kecil merasa senang atau bahkan gembira ketika mereka berada di dalamnya, kolam renang bagaikan tempat bermain yang sangat luas bagi mereka. Bukan hanya itu, dengan berenang, maka membantu si kecil agar tidak takut terhadap air serta mengasah kemandiriannya, keberanian si kecil, serta rasa percaya diri.

manfaat bayi berenang

Salah satu penelitian yang telah di lakukan di Norwegia juga mencatat bahwa bayi atau anak yang di ajarkan berenang sejak dini akan memiliki kemampuan dalam keseimbangan fisik yang baik serta koordinasi yang jauh lebih baik pula. Bukan hanya itu, berenang juga merupakan salah satu cara yang ampuh guna mengajarkan anak, agar ketika berada di dalam air si kecil tidak akan tenggelam.

Umur berapa bayi boleh berenang? Jawabannya yaitu, sebenarnya utuk berenang tidak ada batasan usia yang baku terkait kapan atau umur berapa si kecil boleh di ajarkan berenang. Akan tetapi, sebaiknya si kecil diajarkan berenang ketika ia mulai mampu menegakkan serta mengontrol kepalanya ketika ia di gendong pada posisi duduk. Dan hal ini biasanya akan di kuasi oleh si kecil ketika si kecil memasuki usia 4 bulan.

Ketika bunda ingin mengajarkan si kecil berenang, maka bunda tidak perlu untuk menunggu imunisasi bayi lengkap. Yang penting, si kecil harus ada dalam keadaan sehat ketika ia akan di ajarkan berenang, serta tidak memiliki kelainan bawaan.

Sebaiknya si kecil berenang hanya satu kali dalam sau minggu, dengan catatan durasi 20-30 menit, atau bunda bisa langsung menyetop aktivitas berenang si kecil ketika jari tangan si kecil sudah mulai keriput. Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu bunda harus memilih kolam renang yang bersih, jangan sampai bunda memasukkan si kecil ke kolam renang yang terlihat kotor dan tidak terurus.

Aktivitas berenang akan semakin menyenangkan ketika si kecil memiliki teman. Maka dari itu bunda bisa mengajak teman atau saudara bunda yang sama memiliki anakkecil jika hal tersebut memungkinkan. Bunda harus tetap mengawasi si kecil ketika ia tengah berenang, jangan sampai si kecil loncat tanpa adanya pengawasan dari bunda serta tanpa menggunakan pelampung khusus untuk anak.

Bunda harus melakukan semua proses dengan cara yang lembut, membuat si kecil merasa senang, serta tidak traumatic. Bunda juga bisa mencari baju renang yang memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh si kecil, juga pelampung jika memang merasa di perlukan. Ingat, jangan sampai bunda membuat si kecil merasa trauma, karena pengalaman pertama sangatlah penting bagi si kecil.

Related Posts

Share This