Kanker Lidah, Gejala Awal yang Menyerupai Sariawan

Kanker lidah. Bagi Anda yang menderita sariawan, namun tak kunjung sembuh steelah dua minggu, maka Anda harus mewaspadainya. Karena, siapa tahu Anda tengah terkena kanker lidah, karena gejala awal kanker lidah hampir sama dengan sariawan yang sering kita alami. Yaitu adanya luka di bagian lidah, dan jika tidak segera di atasi, maka bisa berujung pada kematian. Menyeramkan, bukan?

Prof. Dr. dr. I.B.Tjakra Wibawa Manuaba, M.P.H., Sp. B (K) Onk mengungkapkan, gejala awal untuk kanker lidah sebenarnya sama dengan sariawan pada umumnya. Namun ada sedikit yang membedakan, jika Anda mengalami kanker lidah, maka keadaan lidah Anda jika di sentuh ada sedikit pengerasan di sekitar luka. Sedangkan untuk sariawan sendiri, luka yang dialami masih terasa lunak.

Untuk sariawan sendiri, umumnya luka yang dialami akan berpindah-pindah tempat, sedangkan untuk kanker lidah, luka hanya terjadi pada satu tempat bahkan tidak kunjung sembuh. Jika di diamkan, maka lama-kelamaan luka tersebut akan semakin besar, dan akan muncul benjolan dengan tekstur yang keras seperti bunga kol. Dan umumnya, kanker lidah lebih banyak menyerang orang-orang dewasa.

Lidah sendiri merupakan salah satu bagian rongga mulut, sehingga kanker lidah juga bisa di sebut dengan kanker rongga mulut yang memang bisa menyerang lidah, langit-langit, gusi, pipi, mulut hingga ruang di belakang gigi. Dan semua gejala awalnya hampir sama dengan sariawan.

Setelah munculnya luka yang menyerupai sariawan, setelah itu akan munculnya pengerasan di bagian luka tersebut. Bahkan, ahli kanker dari RS Sanglah ini juga menuturkan, bahwa penyebab dari kanker lidah atau kanker rongga mulut ini yaitu dikarenakan rokok, sering mengkonsumsi alkohol, tidak terjaganya kebersihan rongga mulut, serta beberapa orang yang memang menggunakan gigi palsu dalam kondisi yang tidak baik.

Berdasarkan ungkapannya, jika jenis kanker ini dapat dideteksi sejak awal atau masih ditemukan pada stadium rendah, maka dengan dilakukannya operasi kecil serta tepat yang dilakukan oleh dokter bedah, biasanya kanker ini bisa di sembuhkan. Bahkan, sampai saat ini masih jarang di temukannya kematian yang dikarenakan kanker lidah yang memang sudah ditemukan dalam stadium awal.

Namun yang di sayangkan, umumnya kanker ini disadari oleh para penderita ketika mulai memasuki stadium lanjut, karena awalnya mereka hanya mengira itu hanya sariawan biasa. Dan yang lebih menyeramkannya lagi, kanker lidah yang memang ditemukan pada stadium akut tidak bisa lagi di hilangkan dnegan cara operasi. Namun masih ada beberapa alternative untuk mengatasi hal ini, seperti kemoterapi serta radiasi, namun hasilnya tidak sebaik hasil dari operasi. Dan akibatnya, lidah akan membengkak yang menyebabkan pasien tidak bisa makan serta minum, bahkan sakit yang di rasakannya pun sangatlah luar biasa. Dan umumnya pasien akan meninggal dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Kematian ini bukan dikarenakan adanya sel kanker yang menyebar, namun lebih dikarenakan lidah yang semakin membengkak yang menyebabkan pasien susah makan. Dan untuk pencegahan awal, maka sebaiknya kita rutin untuk menjaga kesehatan rongga mulut, rajin untuk menggosok gigi dan pergi ke dokter gigi secara rutin. Karena sariawan atau bahkan kanker rongga mulut masih bisa di cegah.

Related Posts

Share This