Kandungan Nutrisi dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Paprika memiliki banyak jenis seperti paprika merah, hijau, kuning, ungu dan bahkan paprika oranye. Pada awalnya paprika banyak dibudidayakan di Amerika tengah dan selatan. Namun kini paprika bisa juga ditemukan di Negri tercinta kita ini. Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat paprika untuk kesehatan. Pada dasarnya banyak orang yang hanya memanfaatkan paprika tanpa mengetahu kandungan gizinya.

Kandungan nutrisi pada paprika diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, vitamin B6, folat, karotenoid dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat paprika untuk kesehatan yaitu mencegah resiko penyakit jantung dan stroke. Lalu manfaat apa saja yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh?

Berikut Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Berat Badan Ideal

Paprika merah memiliki kemampuan utuk meningkatkan suhu pada proses metabolisme tubuh. Proses tersebut tentunya tidak mempengaruhi denyut jantung dan juga tekanan darah. Maka dari itu mengkonsumsi paprika sangat efektif untuk membantu proses penurunan berat badan.

  1. Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada paprika sangat tinggi. Hal ini tentunya sangat baik untuk mendukung kesehatan mata. Paprika tergolong sumber karotenoid yaitu lutein untuk mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula pada mata. Bahkan kandungan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan mampu mencegah penyakit katarak.

  1. Anti Kanker

Antioksidan dan anti imflamasi pada paprika berguna untuk mencegah penyakit kanker. Bahkan paprika juga memiliki senyawa fitonutrien yang menunjang sntioksidan dan antiimflamasi untuk bekerja lebih baik dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya.

Enzim-enzim yang terdapat pada paprika bisa mencegah kanker lambung dan kerongkongan. Karotenoid likopen pada paprika bisa mencegah kanker prostat, leher rahim, pankreas dan juga kandung kemih yang sangat berbahaya.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada paprika efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan dan vitamin berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan persendian. Kandungan vitamin K akan mencegah terjadinya pembekuan darah an melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler

Kandungan likopen pada paprika merah sangat efektif untuk memelihara kesehatan jantung sehingga terhindar dari resiko stroke ataupun tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin B6 dan folat pada paprika bisa memabantu menurunkan kadar homocystein. Disamping itu, vitamin C dan vitamin A yang ada dalam paprika bisa mengatasi radikal bebas penyebab penyakit berbahaya. Bahkan kandungan kalium [adpaprika ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi sehingga jantung senantiasa dalam keadaan sehat.

Demikian manfaat luar biasa paprika untuk kesehatan. Tambahkan sayuran ini kedalam masakan yang Anda sajikan seperti tumis atau jenis sajian makanan lainnya. Pastikan paprika yang akan Anda olah dibersihkan terlebih dahulu supaya terhindar dari bakteri dan sisa-sisa pestisida yang menempel ketika masih di perkebunan.

Related Posts

Share This