Kandungan Kacang Hijau yang Memiliki Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Kandungan kacang hijau. Kacang hijau yang memang memiliki nama latin Vigna radiate, termasuk kedalam kelompok famili Fabaceae. Yang mana jenis kacang hijau ini masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan juga kacang kedelai.

Di Indonesia sendiri, kacang hijau ini dapat di konsumsi dan diolah menjadi bubur. Makanya dikenal dengan bubur kacang ijo, yang mana isinya merupakan campuran antara kacang hijau, santan dan juga gula yang disertai dengan beras ketan hitam.

Dan ternyatam kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan kacang hijau ini juga dikenal sebagia makanannya para tentara agar kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik, fisiknya menjaid kuat dan memiliki otak yang cerdas.

Dan di bawah ini ada beberapa kandungan kacang hijau yang memberikan sejuta manfata untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Kaya Vitamin

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat, yaitu sebanyak 159 µg/100 gr juga vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Bukan hanya itu, ternyata kacang hijau juga dilengkapi dengan kandungan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang memang berfungsi untuk membantu fungsi metabolisme dan juga organ tubuh.

2. Sumber Mineral

Kacang hijau ini juga ternyata kaya akan kandungan mineral. Karena dalam 100 gram kacang hijau, terdapat kandungan potassium sebanyak 266 mh, fosfor sebanyak 99 mg, mangan sebanyak 48 mg, kalsium sebanyak 27 mg, magnesium sebanyak 0,3 mg, zat besi sebanyak 1,4 mg, zinc sebanyak 0,8 mg, dan juga kandungan selenium sebanyak 2,5 µg.

3. Kaya Protein

Bukan hanya itu, ternyata kacang hijau juga bisa dijadikan sebagia sumber protein alternative bagi mereka vegetarian. Karena dalam setiap 100 gr kacang hijau, memiliki kandungan sebesar 7 gr protein. Dan kandungan protein yang ada di dalam kacang hijau ini juga memiliki profil asam amino yang lengkap, serta mampu diserap oleh tubuh jauh lebih cepat.

Dalam hal ini, protein memiliki peran untuk membantu dalam pembentukan sejumlah sel otot, mempercepat proses pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mampu membantu Anda dalam merasakan kenyang yang lebih lama.

4. Kaya Serat

Di dalam 100 gr kacang hijau juga terkandung serat sebesar 7,6 gr. Dan jumlah ini ternyata mampu memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30%. Serat yang terkandung dalam kacang hijau memiliki manfaat untuk menjaga fungsi saluran pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, serta mampu menurunkan kolesterol.

5. Kaya Omega-3

Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan omega-3 sebesar 0,9 mg/100 gr, juga kandungan omega-6 sebesar 119 mg/100 gr. Dan seperti yang telah kita ketahui, bahwa asam lemak esensial ini memiliki manfaat yang besar, yakni untuk menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan jantung.

Dan itulah beberapa kandungan yang ada di dalam kacang hijau yang jelas memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517