Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan merupakan salah satu faktor penting yang memberikan pengaruh untuk kesehatan tubuh. Jika ingin memperoleh tubuh yang sehat tentunya harus pintar-pintar dalam memilih jenis makanan. Nah, salah satu sumber makanan yang tergolong kategori kandungan gizi tinggi yaitu ikan laut. Kandungan gizi dan manfaat ikan laut sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pada dasarnya ikan laut tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 jika dibandingkan dengan ikan yang hidup di air tawar. Namun tetap saja Anda harus selektif dalam memilih jenis ikan laut sebab tidak semua ikan laut baik untuk kesehatan. Pada dasarnya, pilihlah ikan laut yang memiliki kadar merkuri rendah seperti tuna dan salmon.

Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan

  1. Lemak

Ikan laut mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Asam lemak yang terdapat pada jenis ikan laut yaitu omega-3 berupa EPA dan DHA. Manfaat asam lemak omega-3 sangat banyak, salah satunya yaitu untuk meningkatkan kecerdasan otak dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, omega-3 berguna untuk mencegah penyakit degenerative.

  1. Protein

Pada dasarnya ikan identik dengan kandungan protein tinggi. Protein yang terdapat pada ikan merupakan jenis protein yang mudah untuk diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan protein pada daging. Salah satu manfaatnya yaitu untuk memperlancar pencernaan. Disamping itu, kandungan protein pada ikan sangat cocok untuk membantu pembentukan sel-sel otak pada balita. Pada dasarnya kandungan protein tersebut bertindak dalam menstimulus sel-sel otak pada bayi yang lebih dikenal dengan taurine.

  1. Mineral

Ikan mengandung mineral cukup tinggi yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Jenis mineral yang terdapat pada ikan laut yaitu yodium dan zat besi. Mineral otersebut berperan penting dalam mencegah penyakit anemia dan gondok serta membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Sedangkan selenium yang terdapat pada ikan laut berguna untuk membantu proses metabolisme, mencegah penyakit degenerative dan bertindak sebagai antioksidan.

Bahkan kandungan vitamin E pada ikan laut sangat berguna dalam menjaga elastisitas kulit serta mencegah terjadinya penuaan dini. Yang tak kalah pentingnya yaitu manfaat seng untuk membantu pembentukan hormone dan enzim di dalam tubuh.

  1. Vitamin

Komponen nutrisi lain yang paling penting yaitu vitamin. Ikan laut tentunya tinggi akan kandungan nutrisi ini. Kandungan vitamin D pada ikan laut berguna untuk membantu penyerapan kalsium sehingga menjaga kesehatan tulang. Vitamin B kompleks pada ikan laut berperan penting dalam proses metabolisme karbohidrat dan mencegah penyakit berbahaya seperti serangan jantung ataupun hipertensi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517