Kandungan Gizi dan Manfaat Bunga Rosella

Rosella atau Hibiscus Sabdariffa merupakan salah satu jenis bunga yang sangat popular. Bunga rosella tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, akan tetapi memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Menurut hasil riset menunjukan bahwa tanaman yang satu ini memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi sehingga manfaat bunga rosella untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan menurut riset yang lain menemukan bahwa rosella mengandung antioksidan dan antosianin. Selain itu, rosella juga memiliki senyawa asam malat, asam sitrat, protein, vitamin C dan nutrisi penting lainnya. Lalu apa saja manfaat rosella untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Inilah Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Mencegah Sembelit

Bunga rosella mengandung serat cukup tinggi sehingga berguna untuk melancarkan pencernaan dan menghindarkan Anda dari sembelit. JIka dikonsumsi secara teratur maka sangat berguna untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Konsumsi rosella yaitu dengan cara diolah menjadi teh.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bungan rosella memiliki sifat antihipertensi dan hipotensi. Meminum teh rosella secara rutin akan membantu penderita darah tinggi mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

Mencegah Kanker

Kanker darah atau yang bisa disebut dengan leukemia sangat berbahaya. Nah, teh rosella bisa Anda gunakan untuk mengatasi dan emncegah kanker tersebut. Hal ini karena pigmen alami dari rosella bisa menghambat pergerakan sel-sel kanker berbahaya.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan zat berbahaya kbagi tubuh karena memicu berbagai penyakit atau masalaha kesehatan. Oleh karena itu, konsumsilah teh rosella secara rutin karena mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas. Bahkan kandungan vitamin C pada rosella cukup ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Osteoporosis

Kalsium dan vitamin D tidak hanya bisa diperoleh dari susu saja, melainkan bisa Anda temukan pada tanaman rosella. Bunga yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, vitamin D dan juga kalsium yang berguna dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Luar biasa sekali bukan manfaat bunga rosella untuk kesehatan? Mulai sekarang Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Bunga rosella bisa Anda tanam sebagai tumbuhan obat dihalaman rumah. Selain itu, the rosella juga bisa Anda peroleh dengan mudah di supermarket dengan kemasan instan langsung seduh.

Secangkir the rosella di pagi hari sambil menikmati sarapan, nampaknya sangat cocok. Selain rasanya enak dan membuat hari Anda lebih bersemangat, Anda juga akan terhindar dari berbagai resiko penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi virus serta bakteri. Konsumsilah the rosella secara rutin untuk memperoleh manfaat yang luar biasa tersebut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This