Kandungan Gizi dan Manfaat Bunga Kol Untuk Kesehatan

Bunga kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi. Sayuran ini banyak dimanfaatkan untuk olahan makanan. Biasanya bunga kol diolah menjadi tumis bersama dengan sayuran yang lainnya. Selain rasanya yang enak, manfaat bunga kol untuk kesehatan juga tidak bisa diremehkan.

Bunga kol mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, protein, vitamin K, folat dan vitamin E. Selain itu, bunga kol juga mengandung mineral penting seperti mangan, posfor, magnesium, kalium dan kalsium.

Mengingat kandungan nutrisinya terbilang sangat lengkap, bunga kol mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat bunga kol untuk kesehatan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi penting lainnya pada bunga kol bermanfaat untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya. Kandungan nutrisi pada bunga kol berguna untuk membersihkan racun dari dalam tubuh yang bisa memicu sel kanker.

Mencegah Radikal Bebas

Mengingat buang kol kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C maka sayuran ini bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Antioksidan dan vitamin C memegang peranan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Memperkuat Tulang

Bunga kol mengandung kalsium dalam jumlah yang terbilang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Bahkan bunga kol sangat disarankan untuk anak usia balita dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi Anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan, sebaiknya konsumsi bunga kol secara teratur. Kandungan serat pada bunga kol berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak penyebab kelebihan berat badan. Bahkan kandungan folat pada bunga kol berguna untuk menjaga berat badan ideal Anda.

Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan sangat direkomendasikan untuk mengkosumsi bunga kol. Hal ini karena kandungan nutrisi pada bunga kol seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan bahkan folat sangat dibutuhkan dalam perkembangan janin. Konsumsi bunga kol secara rutin untuk mendukung kesehatan janin Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya manfaat bunga kol yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan pada bunga kol senantiasa akan menjaga sel-sel dan kinerja jantung sehingga terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan kandunan nutrisi tersebut akan senantiasa menjaga irama atau detaka jantung normal.

Demikian manfaat luar biasa yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi bunga kol secara teratur. Bunga kol bisa diolah untuk dijadikan tumis dengan kombinasi sayuran lainnya. Supaya manfaatnya lebih bagus sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan nutrisinya. Proses pengukusan dinilai lebih baik untuk menjaga khasiat dari bunga kol. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517