Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Makanan dan kesehatan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Mengapa demikian? Hal ini karena setiap makanan yang kita konsumsi akan memberikan dampak positif dan negatif untuk tubuh. Makanan adalah salah satu aspek yang berpengaruh terhadap kesehatan. Pemilihan makanan yang tepat tentunya akan membuat tubuh senantiasa sehat dan begitupun sebaliknya. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang manfaat buah plum untuk kesehatan.

Anda tahu buah plum? Kebanyakan dari kita mungkin masih terasa asing mendengar nama buah yang satu ini. Buah yang satu ini memang tidak sepopuler jeruk atau apel. Namun meskipun begitu, plum tergolong salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan. Buah yang satu ini banyak dibudidayakan di Negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat dan kawasan Eropa lainnya. Bahkan di Indonesia juga buah plum tumbuh subur dan banyak dibudidayakan.

Daging buah plum memiliki kandungan kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 46 kalori per 100 gram dan bebas dari lemak jenuh. Buah plum juga mengandung sorbitol, serat dan isatin. Zat tersebut berfungsi untuk mengatur fungsi dari sistem pencernaan dan juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Seperti buah-buahan lainnya, plum juga tinggi akan kandungan vitamin dan mineral yang berperan penting sebagai antioksidan alami. Dengan mengkonsumsi buah plum maka akan terhindar dari resiko peradangan dan infeksi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, buah plum juga mengandung beta karoten dan vitamin A.

Vitamin A pada buah plum memiliki fungsi seperti pada wortel yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin yang satu ini memiliki peranan pendting dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, manfaat lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah kanker rongga mulut. Bahkan flavonoid pada buah plum juga bermanfaat dalam mencegah radikal bebas.

Buah plum juga mengandung fluoride dan zat besi. Sebagaimana kita tahu bahwa zat besi dibutuhkan untuk membantu pembentuikan hemoglobin atau sel darah merah. Vitamin B kompleks yaitu vitamin B6, pantotenat dan niasin berguna dalam proses metabolismekarbohidrat, protein dan juga lemak. Disamping itu kandungan vitamin K pada buah plum berguna untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Plum bisa Anda konsumsi langsung ataupun disajikan dengan campuran buah yang lainnya dalam bentuk salad buah. Bahkan buah plum ini bisa diolah menjadi dessert seperti kue ataupun selai kue. Plum memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tetap saja Anda tidak boleh mengkonsumsi buah ini secara berlebihan sebab mengandung asam oksalat.

Asam oksalat merupakan zat alamiah yang ditemukan pada jenis sayuran dan buah-buahan. Jika masuk kedalam tubuh secara berlebihan dikhawatirkan akan mengkristal menjadi batu oksalat pada saluran kemih. Oleh karena itu, konsumsilah buah-buahan dalam batas wajar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517