Kandungan Gizi dan Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Tanaman seledri sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga yang gemar memasak. Seledri sering dijadikan sebagai bumbu penyedap untuk makanan berkuah seperti sup karena memiliki aroma khas yang menambah citarasa masakan. Seledri juga biasa dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan makanan dalam proses penyajian. Disamping itu, khasiat daun seledri untuk kesehatan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika ditelusuri lebih mendetail, manfaat yang bisa Anda peroleh dari tanaman ini sangat banyak.

Daun seledri bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit dan bahkan bisa digunakan sebagai ramuan untuk kecantikan. Hanya saja dalam hal ini masih banyak orang yang belum mengetahui khasiat dan potensi yang terdapat pada daun tersebut sehingga masih banyak yang mengabaikannya. Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari daun seledri? Yuk ketahui manfaatnya!

Berikut Ini Kandungan Gizi dan Manfaat Daun Seledri

Kalium

Seledri mengandung kalium yang merupakan elektrolit/mineral penting bagi tubuh. Manfaatnya yaitu untuk mengatur keseimbangan asam basa serta menjaga aktivitas jantung supaya tetap sehat. Manfaat lain dari kalium yaitu untuk membantu proses pemecahan karbohidrat serta untuk membentuk otot. Dalam satu porsi jus seledri mengandung sekitar 1.050 gram kalium.

Folat

Nutrisi lain yang terkandung dalam seledri yaitu folat yang merupakan jenis vitamin B. Manfaatnya yaitu untuk membantu tubuh dalam memproduksi dan memecah protein. Jika asupan asam folat kurang maka akan mangakibatkan sariawan, anemia, diare dan masalah rambut.

Kalsium

Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium tergolong sebagai salah satu jenis mineral penting bagi tubuh. Fungsi utama kalsium yaitu untuk menjaga struktur rangka tulang dan menjaga kesehatan gigi. Disamping itu, kalsium ljuga berperan pentig dalam membantu mengirimkan informasi yang melalui sistem saraf serta proses penyempitan dan pelebaran pembuluh darah.

Antioksidan

Seperti halnya sayuran pada umumnya, seledri juga memiliki kandungan antioksidan yaitu fitonutrien, flavonoid, fenolik, flavon, fitosterol dan stilbenoids yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin K

Manfaat lain yang bisa Anda proleh dari seledri yaitu vitamin K yang berguna untuk mendukung pembekuan darah sehingga bermanfaat dalam proses penyembuhan luka. Jika asupan vitamin K kurang maka tubuh akan mengalami pendarahan dan bahkan jika terjadi luka akan sulit untuk disembuhkan. Selain itu vitamin K juga berperan dalam membantu menjaga kesehatan tulang bersama dengan kalsium.

Serat

Seledri juga menyediakan kandungan serat yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan. Manfaatnya untuk memperlancar pencernaan sehingga mencegah sembelit dan membantu program diet sehat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Luar biasa sekali bukan manfaat daun seledri untuk kesehatan? Maka dari itu, jangan ragu untuk menambahkan sayuran yang satu ini dalam menu makananĀ  harian Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This