Kamar Tidur Termasuk Faktor Pembentukan Karakter Anak?

Kamar tidur anak merupakan salah satu tempat penting di rumah. Hal ini karena aktivitas anak seringkali banyak dilakukan di tempat tersebut. Kamr tidur anak memiliki fungsi untuk beristirahat, bermain dan belajar. Selain itu, kamar tidur anak juga sebagai salah satu sarana untuk proses pembentukan kemandirian. Benarkah jika kamar tidur bisa menjadi salah satu faktor dalam pembentukan karakter anak?

Keindahan kamar menjadi salah satu daya tarik bagi anak dan menciptakan kenyamanan ketika berada di tempat tersebut. Penataan ruangan yang tepat dengan kombinasi warna yang sesuai akan membuat kamar anak semakin nyaman. Dalam hal ini faktor kenyamanan menjadi poin penting untuk menata dan mempersiapkan kamar anak.

Dalam menyiapkan kamar untuk anak banyak hal yang harus Anda perhatikan dari segi keindahan, kenyamanan dan kesehatan. Usahakan supaya kamar untuk anak memiliki jendela dan ventilasi udara yang baik. Posisikan supaya jendela tersebut memungkinkan cahaya matahari pagi bisa masuk ke ruangan sehingga proses penggantian udara berlangsung lebih baik dan sehat.

Jika anak Anda sudah memasuki usia sekolah maka sebaiknya menempatkan meja belajar yang posisinya dekat dengan jendela sehingga mendapatkan pencahayaan yang bagus. Kamar anak tidak hanya digunakan untuk tidur saja melainkan untuk bermain sehingga Anda perlu memberikan sekat atau batasan untuk tempat tertentu seperti rak buku atau tempat mainan.

Beberapa Aspek Kamar Yang Membentuk Kepribadian Anak

Tata Letak

Tata letak barang-barang yang ada di kamar anak merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi pembentukan karakter anak. Anda bisa menilai kepribadian anak yang disiplin dan teliti dari segi kerapihan dan kebersihan kamar. Anak yang disiplin akan senantiasa merapihkan kamar setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah. Selain itu, anak yang senantiasa disiplin tidak akan meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan.

Warna Ruangan

Faktor selanjutnya yaitu warna interior kamar anak akan mempengaruhi dan menstimulasi kenyamanan, kreatifitas dan semangat anak dalam belajar. Sangat disarankan untuk memilih dan  menggunakan warna cerah dalam dekorasi kamar anak.

Perlu Anda ketahui bahwa warna cerah akan menstimulus pembentukan kepribadian anak. Misalnya penerapan warna ungu yang memungkinkan anak untuk memiliki kepribadian tegas dalam mengambil keputusan. Sedangkan warna biru muda akan membentuk kepribadian yang tenang dan biru tua membentuk kepribadian anak yang serius.

Meskipun warna cerah banyak digunakan, namun sebaiknya warna merah tidak diaplikasikan pada kamar anak sebab kurang baik untuk anak yang berusia dibawah satu tahun sebab bisa memicu perkembangan emosi yang labil.

Nah, itulah sekilas mengenai tata letak dan warna kamar yang menstimulus pembentukan karakter anak. Penataan ruangan kamar memang harus Anda lakukan dengan sebaik mungkin sehingga akan membuat si kecil merasa nyaman dan proses tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Related Posts

Share This