Kadar Bilirubin Normal Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui

Kadar bilirubin normal pada bayi. Bayi telah berhasil lahir dengan selamat. Namun jika dibandingkan dengan keadaan bayi yang lainnya, mengapa si kecil memiliki tubuh yang berwarna kuning? Apakah keadaan ini normal?

Jika di lihat secara fisiologis, tubuh seseorang akan memproduksi sel-sel darah merah, dan nantinya akan membuang atau bahkan memecah sel darah merah yang sudah tua. Dan produk buangan dari proses tersbeut disebut dengan bilirubin bayi yang memang tidak larut di dalam air. Bilirubin bayi indirek ini nantinya akan di proses di dalam hati,  dan berubah menjadi bilirubin direk atau bilirubin yang larut dalam air.

Nah, umumnya bayi yang baru lahir keadaan organ hatinya masih belum sempurna dan belum siap untuk bekerja. Sehingga proses perubahan bilirubin pada bayi akan menjadi lambat. Dan itu mengakibatkan bilirubin indirek akan menumpuk di dalam darah serta berada di jaringan tubuh. Dan inilah yang kemudian menyebabkan keadaan kulit, mata, serta selaput lendir si kecil menjadi berwarna kuning.

Dan hal ini akan dinyatakan normal terjadi pada si kecil, jika:

  1. Warna kuning muncul setelah 2×24 jam kelahiran.
  2. Derajat bilirubin sekitar 10 mg%
  3. Jika bayi mendapat susu formula, warna kuning akan mencapai puncaknya yakni sekitar 6-8mg% pada hari ketiga.
  4. Jika bayi diberikan ASI, kadar bilirubin puncak dapat mencapai 7-14 mg%.
  5. Bayi tetap aktif menangis dan kuat menyusu.
  6. Urin bayi tidak berwarna kuning tua atau cokelat.

Bagi bayi yang ada dalam keadaan normal, warna kuning yang terdapat pada kulit serta mata ini akan hilang dengan sendirinya, jika fungsi dari organ hati si kecil sudah mulai benar-benar dalam keadaan matang. Karena ketika hati mulai mampu mengubah bilirubin menjadi larut di dalam air serta membuangnya dari dalam tubuh si kecil. Dan normalnya, warna kuning pada bayi akan hilang di hari ke-7 setelah si kecil di lahirkan.

Nah, sebagai orangtua, Anda harus waspada jika warna kuning yang muncul pada bayi:

  1. Sebelum 24 jam pertama setelah bayi lahir.
  2. Melalui pemeriksaan laboratorium, peningkatan kadar bilirubin terjadi sangat cepat, melebihi 5 mg% per hari.
  3. Warna urin kuning tua atau cokelat.

Dan warna kuning atau bahkan tingkatan bilirubin yang tinggi bisa juga di sebabkan karena adanya hal-hal di bawah ini:

  1. kekurangan enzim GPO
  2. infeksi besar
  3. Hb darah tingi
  4. sumbatan sistim empedu
  5. gangguan metabolic atau endokrin
  6. faktor ras
  7. kelainan genetic.

Atau bilirubin ini juga akan terus meningkat jika usia ibu yang sudah lanjut, ibu yang memiliki penyakit diabetes atau bahkan tekanan darah tinggi, seorang ibu yang kekurangan zat seng, atau bahkan dikarenakan oleh obat-obatan tertentu serta beberapa hal lainnya.

Related Posts

Share This