Kacang yang Berjamur Bisa Menyebabkan Kanker, Benarkah?

Beberapa jenis kacang-kacangan merupakan salah stau jenis bahan pangan yang bisa menyehatkan tubuh kita serta sumber dari protein nabati. Namun, kacang-kacangan terutama jenis kacang tanah yang memang sudah berjamur alangkah lebih baiknya tidak dikonsumsi. Mengapa? Karena kacang yang berjamur memiliki sifat karsinogenik atau bisa memicu tumbuhnya kanker.

Jamur yang terdapat pada kacang tanah atau jenis jamur yang dikenal dengan nama Aspergillus flavus akhir-alhir ini diketahui mampu menghasilkan racun yang memang juga di sebut dengan alfatoksin, dan nyatanya racun tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan penuturan dari tim Medical Information Senior Manager PT.Kalbe Farma, dr.Kupiya Timbul Wahyudi, beliau menyebutkan bahwa tindakan tindakan atau proses pencucian kacang tanah yang sudah berjamur tidak mampu menghilangkan jamur yang terdapat atau tumbuh pada kacang tanah.

“Belum ada risetnya apakah kalau digoreng jamurnya juga mati. Tapi lebih baik kacang yang sudah jamuran jangan dipakai,” ungkapnya dalam acara media edukasi mengenai kanker di Jakarta, seperti yang di kutip dari health.kompas.com (09/04/2015).

Namun walaupun seperti itu, kacang tanah yang berjamur tidak akan memberikan efek yang berbahaya jika di konsumsi sekali saja dan tidak berlebihan, hal tersebut juga yang di ungkapkan oleh Dr. Kupiya. Karena jamur yang terdapat dalam kacang tanah akan menjadi pemicu kanker jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

“Untuk bisa menjadi kanker, paparan bahan karsinogenik perlu jumlah yang banyak dan terus-menerus,” ujarnya lagi.

Nah, dari berbagai tata laksana kanker, hal yang sangat penting untuk di perhatikan yaitu cara mencegah kanker itu sendiri. Oleh karena itu, menurut Kupiya, guna menghindari terjadinya kanker liver, salah stau hal yang harus di lakukan yaitu dengan menghindari pemicu terjadinya kanker tersbeut.

Dan beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya kanker hati yang lainnya yaitu gaya atau pola hidup yang tidak sehat, merokok baik perokok pasif atau aktif, terjadinya infeksi hepatitis B, serta asupan gizi yang sangat buruk.

Kanker hati juga termasuk golongan penyakit serius yang bisa merenggut nyawa orang yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan terhadap fungsi kinerja hati, misalkan seperti mencerna lemak serta protein, menetralkan racun yang ada di dalam tubuh, bahkan membantu dalam mengontrol terjadinya penggumpalan darah.

Nah, maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makan serta pola hidup yang sehat. Jangan sampai pola hidup Anda yang tidak sehat serta asupan makanan yang tidak di perhatikan bisa menjadi pemicu munculnya penyakit yang serius.

Ingat! Lebih baik menghindari daripada harus mengobati. Karena jika Anda telah terjangkit penyakit yang serius, dan Anda melakukan pengobatan semahal apapun, belum tentu penyakit yang menyerang Anda bisa lenyap begitu saja. Jadi, sebaiknya Anda perhatikan dengan baik pola hidup serta pola makan Anda.

Related Posts

Share This