Jus Pisang dan Kurma Untuk Balita

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat bagus untuk kesehatan. Disamping itu buah pisang sangat ideal untuk diberikan pada bayi sebagai makanan padat pendamping ASI. Kandungan nutrisi buah pisang tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, namun juga baik untuk menunjang perkembangan bayi atau anak-anak.

Buah pisang mangandung posfor, belerang, zat besi, tembaga, magnesium, kalsium, kalium dan potassium yang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan bayi. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan kalium merupakan nutrisi penting untuk menjaga fungsi otot.

Kandungan nutrisi buah kurma diantaranya yaitu vitamin E, vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, kalsium dan potassium. Manfaat buah kurma yaitu untuk menjaga kesehatan serta fungsi otak, mencegah penyakit anemia dan sebagai sumber energi untuk menunjang pertumbuhan anak. Anda tertarik membuat jus pisang dan kurma sebagai minuman sehat untuk si kecil? Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah pisang ambon matang
  • 2 buah kurma
  • 100 ml air matang
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara membuat jus pisang dan kurma:

  • Pisang ambon dan daging kurma dipotong-potong.
  • Masukkan kedua buah tersebut ke dalam blender dan tambahkan air jeruk manis. Kemudian blender sampai halus.
  • Angkat dan tuangkan ke dalam gelas.
  • Sajikan pada bayi.

Demikian resep serta cara membuat jus pisang dan kurma sebagai minuman sehat untuk si kecil. Daslam memilih buah kurma sebaiknya Anda lebih selektif. Pilihlah buah kurma yang memiliki sedikit kandungan gula. Kurma yang baik yaitu terlihat matang segar, tidak lengket ditangan serta warnanya coklat terang dan tidak lembek. Sedangkan kurma yang mengandung banyak gula terlihat benyek dan lengket ditangan.

Disamping itu ketika memilih pisang maka pilihlah jenis pisang ambon atau raja bulu karena kandungan gizinya sangat tinggi. Pastikan pisang yang akan digunakan benar-benar matang sehingga tidak akan meninggalkan rasa sepet pada jus. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat!

Related Posts

Share This